Lampung Barat (ANTARA) - Ratusan wisatawan mengunjungi objek wisata Temiangan Hill yang berada di Pekon (Desa) Trimulyo, Kecamatan Gedung Surian, Kabupaten Lampung Barat untuk menikmati keindahan "negeri di atas awan".

Berdasarkan pemantauan wartawan Antara di Lampung Barat, Minggu (4/6), objek wisata Temiangan Hill yang sudah dibuka pada pertengahan 2018 itu menjadi salah satu destinasi favorit untuk menikmati keindahan alam.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Suwanto mengatakan banyak wisatawan dari luar daerah yang sengaja berkunjung ke Temiangan Hill untuk menikmati keindahan alam pegunungan.

"Kalau hari weekend apa lagi malam Minggu rame yang berkunjung dari luar daerah seperti Bandarlampung bahkan dari luar provinsi banyak yang datang," kata Suwanto..

Ia mengatakan, objek wisata Temiangan Hill ini, berkonsep wisata alam yang menyajikan keindahan "negeri di atas awan".

"Konsep wisatanya sih wisata alam mas untuk pencarian kabut serta awan yang indah," kata dia.

Ia juga mengatakan, untuk jumlah pengunjung keindahan alam ini dari tahun pertama dibuka hingga saat ini mengalami peningkatan.

"Dari tahun ke tahun meningkat jumlah wisatawannya, saat ini wisata camping tersebut untuk wilayahnya berkapasitas 80 tenda dan 400 pengunjung," ujarnya.

Dia menyampaikan, hingga saat ini pihaknya terus melakukan upaya peningkatan kapasitas dan melakukan kordinasi kepada pihak pemerintahan pekon dan kabupaten, untuk mengembangkan objek wisata Temiangan Hill ini.

Selanjutnya salah seorang pengunjung dari Metro Sifa mengatakan, ia bersama keluarga sengaja mengunjungi objek wisata Temiangan Hil ini untuk menikmati keindahan dan kesejukan di atas ketinggian.

"Sengaja sih bang dari Metro ke sini untuk menikmati keindahan alam, kalau untuk keindahan nya sih sangat disarankan untuk teman-teman karena emang indah banget," kata Sifa.

Namun Sifa mengatakan, pesan untuk pengelola agar fasilitas dari objek wisata tersebut lebih di tingkatkan seperti kamar mandi dan mushola.

"Pesannya untuk pengelola sih cuman kamar mandi dan mushola ditambah lagi fasilitas nya, karena kalau melihat jumlah pengunjung fasilitas toilet nya masih kurang, namun kalau untuk keindahan dan keamanan aman sih," katanya.

Untuk menindak lanjut hal tersebut Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, Dahlin mengatakan objek wisata Temiangan Hill tersebut masuk ke dalam salah satu Desa Wisata di Lampung Barat.

"Temiangan Hill yang berada di Pekon Trimulyo Kecamatan Gedung Suryan, itu masuk ke dalam Desa Wisata, dan kami juga terus melakukan kordinasi dengan pihak pemerintahan pekon untuk mengembangkan wisata tersebut," kata Dahlin.

Baca juga: Lampung Barat miliki 76 destinasi wisata
Baca juga: 9.050 wisatawan kunjungi Pesisir Barat Lampung saat libur Lebaran 2023

 

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023