Jakarta (ANTARA News) - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menerima 5.200 bangku calon mahasiswa baru program S-1 yang terbagi atas 2.600 bangku dari jalur  SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dilakukan tanpa tes tertulis dan keterampilan, dan 2.600 bangku dari jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk PTN) melalui jalur tulis dan sisanya seleksi masuk jalur masuk mandiri (SM UNJ) untuk program D-3.

Pembantu Rektor Bidang Akademik UNJ Prof Dr Zainal Rafli, MPd didampingi Kepala Humas UNJ Widya Parimita, SE,MPA mengemukakan hal tersebut kepada pers di Jakarta, Kamis.

Prof Zainal mengatakan, untuk pelaksanaan SNMPTN biaya gratis karena ditanggung pemerintah, sehingga seluruh siswa kelas III SMA/SMK/ MA/MAK bisa mendaftarkan melalui sekolah masing-masing secara online dengan persyaratan melampirkan nilai rapor mulai semester 1-5 yang waktunya pendafataran mulai 17 Desember 2012--8 Februari 2013.

Jadwal SNMPTN adalah 17 Desember 2012--8 Februari 2013 Kepala Sekolah mengisi data siswa di pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS), kemudian 1 Februari--8 Maret 2013 pendaftaran online siswa di laman http://snmptn.ac.id, selanjutnya 9 Maret --27 Mei 2013 proses seleksi, dan 28 Mei 2013 pengumuman calon mahasiswa yang diterima SNMPTN.

"Jika SNMPTN tahun 2012 siswa mendaftar melalui sekolah menggunakan ujian tertulis, sedangkan SNMPTN hanya menggunakan seleksi berdasarkan nilai rapor dan siswa bebas memilih jurusan di PTN seluruh Indonesia," katanya.

Prof Zainal mengatakan, terhitung hingga 31 Januari 2013, laporan dari pendaftaran di PDSS yaitu dari 1.142 sekolah menengah di DKI, baru 456 sekolah sudah mendaftar di PDSS, dan baru 352 sekolah yang sudah mengisi nilai siswanya.

"Sampai saat ini UNJ sudah melakukan sosialisasi SNMPTN dalam bentuk kegiatan seperti pameran pendidikan, kunjungan langsung ke sekolah khususnya di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Utara, penerimaan tamu dan pelayanan informasi," katanya.

Selain itu, UNJ mengunjungi 70 sekolah di Jakarta, aktif menghubungi via telepon dan email untuk mengetahui perkembangan proses pendaftaran SMA/SMK/MA/MAK di DKI Jakarta untuk mengikuti SNMPTN.

Prof Zainal menambahkan, bagi lulusan SMA/SMK/MA/MAK yang tidak lolos seleksi SNMPTN maupun lulusan sekolah menengah pada 2011 dan 2012 dapat mendaftar SBMPTN yang diselenggarakan UNJ bersama UI, UIN dan sejumlah universitas swasta. "UNJ juga akan membuka seleksi masuk jalur mandiri UNJ khususnya untuk program D-3," katanya.

Ketika ditanya tentang besaran SPP bagi mahasiswa baru UNJ, Zainal mengatakan, biaya SPP berkisar Rp2,9 juta--Rp4 juta per semester tergantung program studi yang menjadi pilihan mahsiswanya.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013