Jakarta (ANTARA) - Dudukan kloset (kloset duduk) bisa mengandung kuman sehingga melapisinya dengan kain atau sarung khusus bisa menjadi pilihan terbaik bagi seseorang, menurut pakar pencegahan infeksi dari Department of Clinical Epidemiology di The Ohio State University Wexner Medical Center Kadi Banjoko, MSPH, CIC.

“Tidak jarang kita melihat cipratan urine di dudukan kloset," kata dia seperti disiarkan Livestrong, Minggu (4/6).

Kuman dari kotoran dapat dengan mudah tersemprot dari dalam ceruk kloset ke dudukan, begitu juga saat seseorang menyiram kotoran itu atau kadang disebut toilet plume yang berisiko menularkan virus dan bakteri penyebab infeksi, menurut tinjauan dalam ‌Journal of Applied Microbiology‌ pada Desember 2021.

Banjoko mengakui, duduk di dudukan toilet bukanlah cara paling langsung untuk kontak dengan kuman di kamar kecil karena kuman akan membutuhkan cara untuk berpindah dari dudukan ke kulit seseorang.

Baca juga: Sandiaga beri bantuan 10 kloset duduk untuk Desa Wisata Muara Jambi

Apalagi jika dia tidak memiliki goresan atau luka di kaki sehingga tidak mungkin kuman di dudukan kloset masuk ke tubuh dan menginfeksi dirinya.

Kecuali, jika dia menyentuh dudukan kloset langsung tangan Anda dan kemudian menyentuh wajah tanpa terlebih dulu mencuci tangan.

Walau begitu, tetap saja, selalu ada kemungkinan kecil seseorang dapat mengalami masalah kesehatan hanya dengan duduk di dudukan kloset. Jadi, melakukan pencegahan layak dilakukan.

Baca juga: Lapisi dudukan kloset dengan tisu bisa cegah kuman?

Selain dudukan kloset pegangan pintu kamar mandi, keran, dan tempat sabun hampir dijamin terkontaminasi oleh serangga yang dapat mengganggu kesehatan, menurut sebuah studi dalam ‌Journal of Family Medicine and Primary Care‌ pada Juni 2020.

Dalam hal ini, cara terbaik untuk melindungi diri sendiri yakni dengan mencuci tangan sampai bersih setelah melakukan aktivitas di kamar mandi. Banjoko menyarankan sebaiknya gunakan tisu saat menutup keran dan pegangan pintu saat keluar dari ruangan.

Baca juga: Lebih sehat kloset duduk atau jongkok? Ini kata ahli

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023