titip untuk mendoakan kami para umat dan pemerintah
Manokwari (ANTARA) - Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw bersama Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad melepas 723 jamaah calon haji asal dua Provinsi tersebut dari Embarkasi Makassar ke Arab Saudi, di Makassar, Senin.

Jamaah calon haji asal Papua Barat dan Papua Barat Daya itu akan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui embarkasi Makassar pada Senin 5 Juni 2023. Jamaah Papua Barat masuk dalam kelompok terbang (kloter) 19 dan kloter 20 pada musim Haji tahun1444 H/2013 M.

"Kita ingin menitipkan kepada bapak ibu dan saudara-saudara para jamaah sekalian, bolehlah ketika beribadah untuk menjalankan kewajiban rukun Islam yang kelima dengan datang ke Tanah Suci, kami pemerintah titip untuk mendoakan kami para umat dan pemerintah yang ada di Papua Barat dan Papua Barat Daya," kata Paulus Waterpauw saat dihubungi dari Manokwari.

Baca juga: Kloter 5 Embarkasi Banjarmasin diberangkatkan terpisah
Baca juga: 1.345 jamah calon haji asal Kabupaten Kediri berangkat ke Tanah Suci


Dirinya berpesan, sesuai tema haji tahun ini yakni ramah pada lansia, tim yang telah dibentuk oleh Kementerian Agama agar betul-betul mendampingi dan menjaga para lansia yang menunaikan haji serta mematuhi semua aturan dalam perjalanan suci tersebut.

"Semoga semua jamaah calon haji senantiasa diberikan kesehatan serta kekuatan untuk menjalankan ibadah haji. Terima kasih kepada Kantor Urusan Agama Provinsi Papua Barat dan semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya haji tahun 1444 H/2023 M," tambah dia.

Waterpauw menyebutkan, dengan hadirnya sejumlah Bupati dan Walikota dari Papua Barat dan Papua Barat Daya merupakan wujud perhatian kepada masyarakat.

"Saya juga ingin mengingatkan, cuaca dunia ini sedang mengalami panas ekstrem sehingga perlu disiapkan semua kelengkapan yang mendukung kegiatan haji," lanjut dia.

Diketahui, kloter 19 telah masuk di Embarkasi Makassar pada tanggal 3 Juni 2023, sementara kloter 20 sehari setelahnya pada tanggal 4 Juni 2023.

Baca juga: Bupati Wondama harapkan calon haji jadi panutan warga
Baca juga: PPIH Embarkasi Makassar lepas JCH Maluku Utara
Baca juga: Kemenag minta maskapai lebih kooperatif informasikan penerbangan

Pewarta: Tri Adi Santoso
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023