Medan (ANTARA) - Atlet disabilitas lempar cakram asal Sumatera Utara Riadi Saputra sukses mempersembahkan medali emas bagi Indonesia di ajang ASEAN Para Games (APG) 2023 di Kamboja.

Atlet asal Kota Binjai ini sukses meraih emas dengan lemparan terjauh 33,36 meter. Medali perak menjadi milik atlet Vietnam, Kieu Minh Trung dengan catatan lemparan terbaik 27,49 meter dan perunggu direbut Shar Haji Juma’at dari Brunei Darussalam dengan catatan 25,36 meter.

Selain meraih emas, Riadi Saputra juga sukses pecahkan rekor pribadinya yang sebelumnya dicatatkan pada Thailand Open 2023 yakni 31,99 meter.

Riadi melalui pesan WhatApp, Senin, mengucap syukur bisa kembali mempertahankan medali emas di APG. Apalagi bisa memecahkan rekor atas nama pribadinya.

“Alhamdulillah, senang bisa dapat emas lagi dan persembahkan emas lagi untuk Indonesia. Ini saya persembahkan juga untuk Sumut, terutama juga kota Binjai. Alhamdulillah, selain emas juga saya bisa pecahkan rekor pribadi saya. Rasanya luar biasa,” ucap Riadi.

Selain untuk kontingen Indonesia, medali emas ini Riadi persembahkan secara khusus kepada Provinsi Sumut dan Kota Binjai khususnya yang selama ini memberikan dukungan dan motivasi untuk bisa melangkah hingga sejauh ini.

“Medali emas saya persembahkan terutama keluarga, Sumut, kota Binjai, dan juga bapak Kadispora Binjai yang selalu mensuport saya sehingga saya dapat medali emas. Termasuk Kampus STOK Bina Guna yang selalu mensupport saya,” katanya.

Riadi masih berpeluang menambah pundi–pundi medali. Bertanding di kelas F55 putra, Riadi akan tampil pada final nomor lempar lembing.

Sementara atlet asal Sumut lainnya, Muammar Habibila, harus puas dengan medali perak.

Turun di nomor lari 100 meter T13 putra, Muammar Habibila, finish di tempat kedua dengan catatan waktu 11,23 detik. Medali emas di nomor ini direbut atlet Thailand Jakkarin Dammunee dengan catatan waktu 10,95 detik dan perunggu diraih atlet tuan rumah Kamboja Bounphet Thepthida dengan waktu 11,48 detik.

Meski harus puas meraih perak, namun Habibila mengaku pencapaian di nomor tersebut sudah maksimal. Apalagi, catatan yang ia torehkan pada APG Kamboja lebih baik dari sebelumnya.

“Alhamdulillah atas pencapaian mendapat hasil medali perak di ASEAN Para Games Kamboja 2023," katanya.

Baca juga: Atlet NPC Sumut optimistis raih prestasi maksimal di APG Kamboja
Baca juga: Indonesia berpeluang tambah 20 emas di hari ketiga APG 2023

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023