Indeks STOXX 600 pan-Eropa diperdagangkan bertahan di 462,46 poin, sementara indeks FTSE 100 London memimpin kenaikan yaitu 0,5 persen
Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa dibuka datar pada perdagangan Senin, karena pasar gagal menangkap pengaruh dari kenaikan tajam yang terlihat minggu lalu, sementara saham London memimpin kenaikan regional menyusul kinerja optimistis oleh perusahaan energi didukung harga minyak yang lebih tinggi.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa diperdagangkan bertahan di 462,46 poin, sementara indeks FTSE 100 London memimpin kenaikan dengan meningkat 0,5 persen.

Indeks sektor minyak & gas Eropa terangkat 1,0 persen, ditopang oleh harga minyak yang lebih kuat setelah eksportir global utama Arab Saudi berjanji untuk memangkas produksi sebesar 1 juta barel per hari mulai Juli.

Baca juga: Saham di Eropa dibuka menguat didukung optimisme kesepakatan utang AS

Pasar berjuang untuk melanjutkan optimisme dari keuntungan yang dibukukan pada Jumat (2/6/2023) setelah inflasi zona euro mereda, AS menghindari gagal bayar utang, dan karena bukti yang berkembang memicu taruhan bahwa Federal Reserve AS mungkin akan menghentikan kenaikan suku bunga bulan ini.

Saham Indivior PLC melonjak 11 persen ke atas Indeks STOXX 600 setelah produsen obat itu setuju membayar 102,5 juta dolar AS untuk menyelesaikan gugatan atas pengobatan kecanduan opioidnya, Suboxone.

Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat fokus pada data inflasi

Baca juga: Saham Eropa dibuka jatuh tertekan data China yang suram

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023