Jangan dianggap enteng
Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menegaskan bahwa Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) berperan penting sebagai tulang punggung dalam menjalankan roda pemerintahan di seluruh Indonesia.
 
"Jangan dianggap enteng, kelihatannya kegiatan BPSDM sederhana. Tetapi sebenarnya kegiatan BPSDM adalah membangun yang tidak kelihatan. Kalau membangun infrastruktur kelihatan, tetapi membangun Sumber Daya Manusia (SDM) itu tidak kelihatan, namun dampaknya yang akan kelihatan," kata Heru dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Baca juga: Pemprov DKI perbaiki kualitas udara dari transformasi Transjakarta
 
Selain itu, Heru menilai pentingnya peran BPSDM dalam mencetak sumber daya manusia aparatur sipil negara (SDM ASN) yang mumpuni, cakap, dan profesional dalam kinerjanya.
 
Sehingga, pihaknya sangat mendukung pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) BPSDM yang diikuti kepala BPSDM seluruh provinsi di Indonesia.

“Pemprov DKI sangat mendukung pertemuan ini. Semoga penyelenggaraan Rakornas ini dapat membantu negara kita untuk menyongsong Indonesia Emas 2045,” ujar Heru.

Lebih lanjut, Heru menyampaikan bahwa perbedaan karakter SDM yang lahir dalam periode tahun tertentu merupakan salah satu tantangan yang perlu diantisipasi BPSDM agar upaya pembangunan tetap berkesinambungan.

“Generasi yang lahir pada 2005 diperkirakan akan menjadi pemimpin pada 2045. Ini perlu menjadi perhatian karena adanya perubahan karakter," ucap Heru.

Di satu sisi, kata Heru, generasi yang lahir pada 2005 itu pintar menguasai teknologi. Tetapi, ada tuntutan perubahan zaman yang juga perlu dipikirkan agar kesinambungan pembangunan negara tidak putus.

Sementara itu, Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo menambahkan bahwa Indonesia Emas 2045 merupakan visi pemerintah untuk membangun negara maju yang berdaulat, adil, dan makmur dengan berbekal SDM yang unggul dan menguasai pengetahuan serta teknologi.

“SDM yang sehat, cerdas, produktif, berdaya saing, dan berakhlak adalah potret SDM yang mampu mencetak Indonesia Emas. Potret tersebut seharusnya dimiliki oleh ASN seluruh Indonesia, sehingga tingkat kepercayaan masyarakat khususnya dan dunia umumnya dapat ditingkatkan,” kata John.
 
Heru menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin. Acara tersebut bertajuk "Kolaborasi Aparatur Sipil Negara (ASN) Unggul Mewujudkan Visi Nasional dan Daerah".

Baca juga: Heru ajak Umat Buddha perkuat toleransi sesuai nilai-nilai Pancasila

Baca juga: WRI Indonesia dukung perbaikan kualitas udara di DKI Jakarta

Baca juga: Petugas KPKP DKI periksa tempat penjualan hewan kurban

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023