Jakarta (ANTARA) - Terminal Kalideres mempertahankan lima dari 20 bus TransJakarta yang digunakan pada masa lebaran untuk membantu transportasi penumpang Terminal Kalideres dari pukul 00.00 WIB - 05.00 WIB.

"Ketika lebaran 2023 lalu, TransJakarta menyiapkan 20 unit bus TransJakarta untuk membantu transportasi para penumpang yang menuju dan meninggalkan Terminal Kalideres pada dini hari (00.00 WIB - 05.00 WIB)," ungkap Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen saat ditemui pada Senin.

Setelah lebaran selesai, lanjut Revi, lima dari 20 unit bus TransJakarta tersebut tetap dipertahankan untuk beroperasi di Terminal Kalideres hingga sekarang.

Ia mengatakan, lima bus tersebut beroperasi mengangkut penumpang Terminal Kalideres dari jam 00.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

"Rutenya masih sama dengan rute lebaran, yakni Terminal Kalideres menuju Harmoni," jelas dia.

Ia melanjutkan, dengan mempertimbangkan penumpang yang sudah mulai menurun pada hari-hari kerja sejak setelah lebaran, jarak waktu (headway) dari bus transjakarta yang beroperasi dini hari (00.00 WIB - 05.00 WIB) menjadi 30 menit.

"Sebelumnya pada masa lebaran, headway bus TransJakarta di Terminal Kalideres 15 menit. Itu karena memang penumpangnya saat itu, terlebih saat puncak lebaran bisa sampai 2.500 penumpang berangkat dan tiba," ungkapnya.

Sekarang, lanjut dia, rata-rata jumlah penumpang pada hari-hari kerja ada sekitar 500-600 penumpang tiba dan berangkat di Terminal Kalideres.

"Jumlah tersebut rata-rata masih sama dengan jumlah penumpang pada saat sebelum lebaran. Bersama pihak Transjakarta, kami hanya ingin meningkatkan mutu layanan," pungkasnya.

Baca juga: Terminal Kalideres perpanjang 10 amari tambahan hingga pekan depan

Baca juga: Arus balik di Terminal Kalideres diperkirakan hingga pekan depan

Baca juga: Sebanyak 4.329 pemilir telah tiba di Terminal Kalideres

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023