dari kecil Olivia memang sudah peka dengan permainan warna
Jakarta (ANTARA) - Pameran tunggal lukisan bertema "Beyond The Limit" menampilkan 22 karya lukisan bergaya abstrak  hasil karya Teresia Olivia, seniman penderita celebral palsy atau lumpuh otak, di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta.

Pameran  yang digelar selama 18 Mei -19 Juni 2023 itu menjadi sebuah pembuktian bahwa bagi gadis kelahiran 20 April 2006 tersebut menjadi seorang berkebutuhan khusus tetap bisa menghasilkan karya seni.

Daniel Purba, ayah Teresa Olivia, saat ditemui di sela pameran "Beyond The Limit di Jakarta, Senin menyatakan bakat anaknya dalam hal melukis baru diketemukan setelah melalui proses eksplorasi yang panjang, tepatnya ketika berumur 9 tahun.

Menurut dia, dengan bantuan guru-guru Olivia dari Blessing Community, pihaknya memberikan banyak stimulasi untuk mengetahui minat dan bakat sang anak.

"Kita perkenalkan dengan alat musik, kita kasih peralatan gambar dan melukis. Ternyata untuk melukis, Olivia tampak antusias sekali. Ia senang kalau sudah mencoret-coret kanvas," katanya.

Baca juga: Kemensos tampilkan potensi dan karya disabilitas di HDI Expo 2022
Baca juga: Pemkot Surabaya fasilitasi hasil karya anak disabilitas di RAP

Daniel menambahkan, hasil lukisan Olivia meskipun abstrak namun berhasil memadukan aneka warna dengan harmonis dan indah.

Dari kecil, lanjutnya, puteri keduanya itu senang sekali kalau melihat sesuatu yang warna-warni, seperti lampu berkelap-kelip warna-warni, maka akan serius mengamati.

"Jadi saya rasa dari kecil Olivia memang sudah peka dengan permainan warna dan itu yang ia ungkapkan di lukisan-lukisannya,” ujarnya.

Bahkan Olivia mampu memberi judul dan mendeskripsikan hasil lukisannya dalam sebuah narasi dengan kata-kata yang indah.

Dibantu dengan fitur Assistive Touch di iPad, lanjut Lisa Zen Purba, sang ibu, Olivia bisa berkomunikasi serta mengungkapkan apa yang ada dalam benaknya dalam bentuk tulisan.

Oleh karena itu bersamaan dengan pembukaan pameran lukisannya yang pertama ini, Olivia juga meluncurkan sebuah buku berjudul sama, “Beyond The Limit yang berisi puisi atau syair hasil perenungan si pelukis.

Baca juga: Polri pamerkan hasil karya seni disabilitas di Bandara Soetta
Baca juga: Kemensos pamerkan lima inovasi karya penyandang disabilitas


Sebelumnya pada 2 Juni 2023, Olivia dengan didampingi dua fasilitator sekaligus gurunya, Janne Janetij dan Emanuella Gracia Tuppano, melakukan demo melukis di atas kanvas di hadapan pengunjung pameran.

Daniel Purba berharap, apa yang dilakukan Olivia mampu menginspirasi anak-anak berkebutuhan khusus di seluruh tanah air untuk semangat berkarya.

Selain itu, lanjutnya, dia berharap semakin banyak pihak yang memberi dukungan bagi anak-anak berkebutuhan khusus untuk berekspresi dan menggelar hasil karya seninya.

Baca juga: Tekad Tati mengangkat karya kreatif siswa berkebutuhan khusus
Baca juga: Kemenkop dan PTI inisiasi pameran hasil karya penyandang disabilitas

Pewarta: Subagyo
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023