Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyarankan kepada seluruh penerima bonus SEA Games untuk menggunakan uang bonus sebagai investasi jangka panjang.

"Saya pesan, saya titip bonus ini dimanfaaatkan sebaik-baiknya utamanya untuk investasi jangka panjang, jangan dibelikan barang mewah yang tidak bermanfaat," kata Presiden Jokowi saat memberikan bonus bagi para atlet, pelatih dan asisten pelatih SEA Games 2023 senilai total Rp289 miliar di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Senin.

Presiden mengatakan apabila uang bonus digunakan untuk investasi atau barang bernilai investasi tinggi yang bersifat jangka menengah hingga panjang, maka nilainya akan terus naik.

"Kalau beli mobil sekarang, tahun depan dijual sudah jadi separuh (nilainya). Bedanya di situ investasi dan bukan investasi. Saya titip di situ karena perjuangan saudara-saudara masih panjang," ujar dia.


Baca juga: Jokowi targetkan lebih dari 69 emas dan peringkat 1-2 di SEA Games

Pada kesempatan tersebut Presiden sempat menyatakan apresiasi atas perolehan medali dalam SEA Games di Kamboja yang jauh melebihi target yang ditetapkan.

"Saya berpikir bonusnya jadi gede banget. Kita hitung-hitung totalnya Rp289 miliar. Atlet, pelatih, asisten pelatih semuanya diberikan," ujar Jokowi.

Untuk diketahui Indonesia menargetkan perolehan 69 medali emas, namun faktanya berhasil memperoleh 87 medali emas di tambah 80 medali perak dan 109 perunggu.

Yang mengejutkan, kata Jokowi, salah satunya tim basket putri yang tidak pernah meraih emas selama 64 tahun, namun di SEA Games lalu berhasil meraih emas.

Adapula tim hoki indoor putra dan kriket putri yang untuk pertama kali memperoleh medali emas, serta timnas sepak bola yang meraih emas setelah 32 tahun lamanya.

"Ini saya kira masyarakat saat ini sangat senang dan bangga atas lompatan perolehan medali emas di 87 medali. Saya atas nama masyarakat, rakyat, bangsa, negara menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas perjuangan saudara-saudariku semuanya baik peraih medali, atlet, pelatih, asisten pelatih, pendamping dan semua yang telah bekerja keras untuk mencapai itu," katanya.

Baca juga: Pemerintah beri bonus Rp289 miliar kepada atlet dan pelatih SEA Games
Baca juga: Basket putri ukir sejarah pastikan raih emas SEA Games 2023
Baca juga: Tim sepak bola akhiri penantian medali emas SEA Games 32 tahun

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023