Banjarmasin (ANTARA) - Program Studi Kedokteran dan Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM) berhasil meraih akreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAMPTKes) pada tahun 2023.

"Ini torehan tinta emas dari sejarah perjalanan Fakultas Kedokteran sejak berdiri dan menerima mahasiswa angkatan pertama tahun 1990, akhirnya mendapatkan pengakuan akreditasi unggul alias terbaik," kata Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM Iwan Aflanie di Banjarmasin, Senin.

Menurut Iwan, keberhasilan meraih akreditasi unggul merupakan suatu karunia yang sangat membahagiakan, bukan hanya untuk Program Studi dan Fakultas Kedokteran tapi juga untuk seluruh civitas akademika ULM.

Dia menyebut peraihan akreditasi unggul semakin mengukuhkan posisi FK ULM sebagai salah satu Fakultas Kedokteran yang unggul dan berdaya saing di Indonesia.

Baca juga: Waspada gula, garam dan lemak berlebih saat santap menu Lebaran

Baca juga: ULM bantu Universitas Borneo Tarakan wujudkan Fakultas Kedokteran


Apalagi di Indonesia tidak banyak Fakultas Kedokteran yang berhasil meraih akreditasi unggul termasuk di Kalimantan hanya ULM di Kalimantan Selatan dan Unmul di Kalimantan Timur.

Iwan menyatakan meraih akreditasi unggul bukanlah hal yang mudah, perlu persiapan bersifat komprehensif dalam jangka waktu panjang, bahkan bertahun-tahun.

"Peraihan ini seyogyanya jangan sampai menyebabkan FK ULM menjadi lengah dan terbuai, mempertahankan akan jauh lebih sulit dari meraihnya," katanya mewakili Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri.

Akreditasi Program Studi Kedokteran dan Program Studi Pendidikan Profesi Dokter ULM sebelumnya baik sekali.

Ada tiga kategori akreditasi yang disematkan LAMPTKes untuk program studi di perguruan tinggi yaitu baik, baik sekali dan unggul.

Sejak berdiri tahun 1989 dan menerima mahasiswa angkatan pertama tahun 1990, Fakultas Kedokteran ULM sudah meluluskan lebih dari 2.000 dokter mulai dokter umum, Program Magister hingga doktor spesialis.*

Baca juga: Universitas Lambung Mangkurat cetak 1.808 dokter

Baca juga: Maharani Laillyza Apriasari, Dekan termuda di ULM punya dua paten

Pewarta: Firman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023