Washington (ANTARA News) - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan menggelar siaran langsung "Google+ Hangout" pertama dari Stasiun Antariksa Internasional (International Space Station/ISS) pada 22 Februari 2013 pukul 11.00 waktu setempat untuk menghubungkan pengikut jaringan sosial NASA dengan para astronot.

Acara itu membuka peluang bagi pengikut jaringan sosial NASA untuk berbincang langsung dengan para astronot yang ada di darat maupun yang sedang bekerja di laboratorium yang mengorbit pada ketinggian 240 mil di atas Bumi, demikian menurut laman resmi NASA.

Google+ Hangout memungkinkan 10 orang untuk bertatap muka sambil mengobrol dengan para astronot, sementara ribuan pengguna lain dapat mengikuti percakapan mereka langsung di Google+ ataupun laman berbagi video YouTube.

NASA mengundang para pengikutnya untuk mendaftarkan video pertanyaan menjelang Hangout dan akan menyeleksi pertanyaan yang diajukan untuk dijawab oleh para astronot. Lembaga itu juga akan mengambil pertanyaan penggemar yang langsung diajukan melalui Google+, Facebook, dan Twitter.

Klip video yang juga mencakup perkenalan dan alamat pengunggah disyaratkan tidak lebih dari 30 detik dan harus diunggah melalui YouTube dengan kode #askAstro sampai 12 Februari 2013.

"Astronot Kevin Ford dan Tom Marshburn dari NASA serta Chris Hadfield dari Badan Antariksa Kanada akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan menjelaskan gambaran tentang kehidupan stasiun luar angkasa," demikian pernyataan NASA.

Lembaga antariksa itu juga mengajak para pengikuti untuk bertanya ketika obrolan langsung digelar di Google+, YouTube, dan Twitter dengan kode #askAstro. Hangout akan bisa disaksikan langsung dari halaman Google+ NASA atau Televisi NASA di YouTube.

(I026)


Penerjemah: Imam Santoso
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013