Jakarta (ANTARA) - Pebalap Pol Espargaro (GASGAS Factory Racing Tech3) berpotensi melewatkan balapan di Grand Prix Italia pada akhir pekan ini menyusul cederanya yang tak kunjung pulih.

"Saya sangat menantikan untuk kembali ke motor saya. Tapi, seperti yang saya katakan sejak awal, keputusan akhir akan dibuat untuk saya oleh para dokter dan mereka meminta saya untuk menunggu beberapa saat lagi," ungkap Pol, dikutip dari laman resmi MotoGP, Selasa.

Pol sebelumnya telah melakukan rehabilitasi sejak dirinya terjatuh di program latihan dan kualifikasi untuk pembuka musim 2023 di Sirkuit Internasional Algarve Portugal pada bulan Maret.

Pebalap Spanyol itu perlu pulih sepenuhnya terutama dari cedera punggung, tapi ia disebut membutuhkan lebih banyak waktu agar kondisinya bisa kembali seperti semula.

Adapun target awal dari Pol adalah bergabung kembali dengan tim dan grid MotoGP di Mugello untuk putaran enam MotoGP di akhir pekan ini, tapi ia masih memiliki masalah edema kecil di sekitar tulang belakangnya yang memerlukan perawatan.

Baca juga: Marini alami cedera tulang setelah insiden dengan Alex Marquez

Baik pebalap, tim dan pabrik GASGAS berharap pria berusia 31 tahun itu bisa pulih untuk ikut berkompetisi di GP Belanda, sebelum jeda musim panas dimulai.

"Rencana awal saya adalah untuk kembali ke salah satu dari tiga balapan berikutnya sebelum liburan musim panas dimulai. Tapi, bagaimana pun, yang paling penting saat ini adalah saya siap secara fisik," kata Pol.

"Saya merasa sangat baik dan saya sangat termotivasi. Saya berharap untuk melihat tim dan semua orang yang terlibat dalam olahraga balap ini, dan tentu saja untuk bisa bertemu dengan para penggemar, secepat mungkin," ujarnya menambahkan.

Sementara itu, rekan setim Pol yakni Augusto Fernandez akan ditemani lagi oleh Jonas Folger di GP Italia, yang akan digelar di Sirkuit Mugello, pada 9-11 Juni.

Baca juga: Bagnaia tetap hadapi MotoGP Italia meski alami cedera

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023