Jakarta (ANTARA) - Pebalap Lewis Hamilton mengatakan dua finis podium yang ia dan George Russell raih di Grand Prix Spanyol, akhir pekan lalu, merupakan bukti dari progres Mercedes dalam memperbaiki performa mobil mereka.

Mercedes memperkenalkan perubahan besar-besaran mobil W14 terakhir kali di Monako, termasuk mengevaluasi "zero-sidepods" yang mereka usung. Balapan terakhir di Sirkuit Barcelona-Catalunya merupakan kali pertama pembaruan terkini tim diuji dan dinilai menunjukkan hasil positif.

"Inilah yang kami harapkan ketika kami membawa peningkatan (upgrade). Maksud saya, kami berharap lebih, dalam arti langkah yang lebih besar," kata Hamilton, dikutip dari laman resmi Formula 1, Selasa.

"Secara kolektif sebagai sebuah tim, kami umumnya melakukan pekerjaan yang lebih baik, kami membuat lebih sedikit kesalahan, kami memiliki strategi yang baik kali ini," tambahnya.

Baca juga: Verstappen menangi GP Spanyol untuk lanjutkan dominasi Red Bull

Pada hari balapan utama di hari Minggu (4/6), Hamilton muncul sebagai penantang terdekat Max Verstappen (Red Bull) untuk mengambil posisi kedua, sementara Russell menegaskan kecepatan tim dengan peningkatan yang mengesankan dari posisi ke-12 ke posisi ketiga.

"Hasil ini jelas merupakan apa yang sedang kami upayakan. Ini luar biasa dan ini juga berkat semua pekerjaan hebat orang-orang di pabrik, yang juga selalu rendah hati. Saya harap semua orang merasa sangat bangga saat kembali ke pabrik," ujar juara dunia tujuh kali itu.

"George pun melakukan pekerjaan yang sangat bagus hari ini, jadi kami memberikan poin bagus secara keseluruhan untuk tim. Kami hanya harus mencoba untuk mempertahankan (performa) ini. Bagi kami untuk menjadi lebih cepat dari Ferrari dan Aston Martin, ini benar-benar luar biasa," imbuhnya.

Podium ganda Mercedes membuat tim naik ke posisi kedua dalam klasemen konstruktor, dengan total 152 poin. Posisi pertama masih ditempati oleh Red Bull (287) poin, sementara di bawah Mercedes ada Aston Martin (134 poin).

Untuk klasemen pebalap, Hamilton dan Russell masing-masing menduduki posisi empat dan lima dengan mengoleksi 87 dan 65 poin. Urutan tiga besar diisi oleh dua pebalap Red Bull yakni Max Verstappen (170 poin) dan Sergio Perez (117 poin), serta pebalap Aston Martin Fernando Alonso (99 poin).

Baca juga: Leclerc sebut performa Ferrari tertinggal dari para rival di F1

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023