Jakarta (ANTARA) - Kepala Pelatih Ganda Putra Pelatnas PBSI Herry Iman Pierngadi menyikapi performa pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang kalah pada babak pertama Singapore Open 2023, yang menurutnya sebagai penampilan yang tidak normal.

"Permainan Fajar/Rian hari ini memang tidak normal. Performa kedua pemain di bawah form. Touch-nya belum balik," ungkap Herry melalui pesan resmi PP PBSI di Jakarta, Selasa.

Sebagai sosok yang menukangi sektor ganda putra nasional, Herry menilai kedua anak asuhnya itu punya kendala masing-masing sehingga mempengaruhi hasil pertandingan hari ini.

Baca juga: Fajar/Rian ulangi kekalahan babak pertama pada Singapore Open

Ia mengatakan bahwa Fajar punya kendala dalam pergerakan. Meski sudah tak lagi merasakan sakit akibat cedera pinggang, namun ada perbedaan dalam gerakan tubuhnya.

"Untuk Fajar memang ada kendala. Pinggangnya memang sudah tidak sakit lagi, tetapi gerakan tidak seperti biasanya. Gerakan sambungannya jadi agak lambat, tidak secepat dulu," Herry memaparkan.

Sementara Rian masih berkutat dengan cedera bahu yang belum pulih 100 persen.

"Belum bisa melakukan smash secara penuh. Masih ada ragu-ragu, sehingga permainan tak normal seperti biasa. Kualitas serangan terasa tanggung," katanya menambahkan.

Pelatih berjuluk Naga Api itu juga sudah berbicara langsung dengan Fajar/Rian selepas pertandingan. Ia berharap kondisi ini tidak berlarut-larut dan harus segera bangkit, apalagi pekan depan ada turnamen bergengsi Indonesia Open.

"Saya sudah ngobrol bareng dengan Fajar dan Rian. Kami tentu tidak ingin hal ini jadi berlarut-larut. Mereka mengakui segala kekurangannya. Kami pun harus bisa segera bisa bangkit dan mempersiapkan diri lebih baik lagi. Apalagi pekan depan ada Indonesia Open," pungkas Herry.

Pada babak pertama Singapore Open, ganda putra peringkat satu dunia itu ditundukkan pasangan Ben Lane/Sean Vendy dengan dua gim langsung 15-21, 18-21.

Hasil tersebut diakui Fajar/Rian tidak memuaskan, sekaligus mempertebal keunggulan duo Inggris itu menjadi 3-1 dalam catatan pertemuan kedua pasangan.

Baca juga: Indonesia boyong satu posisi runner-up dari Thailand Open 2023
Baca juga: Bagas/Fikri kurang siap hadapi kejutan pada final Thailand Open

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023