Jakarta (ANTARA) - Agensi YG Entertainment merilis pernyataan yang menyebutkan bahwa mereka tetap berkolaborasi dengan G-Dragon BIGBANG meski kontrak eksklusif telah berakhir.

"Kontrak eksklusif G-Dragon dengan kami telah berakhir, tetapi kami berkolaborasi dengannya melalui kontrak terpisah untuk aktivitas lainnya seperti iklan, dan lain-lain," kata YG Entertainment sebagaimana disiarkan Soompi, Selasa.

Agensi menambahkan, akan ada diskusi mengenai kontrak tambahan jika G-Dragon melanjutkan aktivitas musiknya.

"Kami tidak akan menyia-nyiakan upaya untuk memberikan dukungan untuk ini," ujar mereka.

Sebelumnya, spekulasi mulai muncul di kalangan penggemar bahwa G-Dragon tidak memperbarui kontraknya dengan agensi tersebut setelah mengetahui namanya tidak ada dalam daftar artis dan aktor di bawah YG Entertainment per 31 Maret menurut laporan triwulanan yang dirilis oleh YG Entertainment pada April.

Baca juga: YG Entertainment bantah BLACKPINK pindah agensi

Sedangkan sebelumnya, pada Januari, G-Dragon melalui kanal YouTube resminya mengumumkan bahwa dia sedang bersiap untuk album baru.

Kemudian pada Maret, dia juga memberikan bocoran bahwa sedang mempersiapkan sebuah proyek dan beberapa hal sedang berlangsung.

Sementara itu, anggota BIGBBANG lainnya yakni Taeyang dan Daesung memutuskan berpisah dengan YG Entertainment setelah kontrak mereka dengan agensi berakhir pada Desember 2022.

Baca juga: BABYMONSTER YG Entertainment akan debut tahun ini

Taeyang pun bergabung dengan THEBLACKLABEL, sementara Daesung menandatangani kontrak dengan perusahaan R&D di bawah D-LABLE, tim khusus untuk Daesung.

Sedangkan T.O.P meninggalkan YG Entertainment lebih dulu yakni pada Februari 2022. 

Saat itu, agensi menjelaskan bahwa T.O.P akan terus mengambil bagian dalam aktivitas grup BIGBANG jika memungkinkan. Namun, beberapa hari lalu, T.O.P melalui Instagram pribadinya mengumumkan bahwa dia telah keluar dari BIGBANG.

Baca juga: Kang Dong-won hengkang dari YG Entertainment

Penerjemah: Suci Nurhaliza
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023