Penghentian sementara lalu lintas angkutan batu bara tersebut agar rombongan yang hendak mengantar calon jamaah haji tidak terkendala macet
Jambi (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jambi menghentikan sementara lalu lintas angkutan batu bara di daerah itu  guna kelancaran mobilitas rombongan calon jamaah haji mulai tanggal 7 sampai dengan 12 Juni 2023.

Direktur Ditlantas Polda Jambi Kombes Pol Dhafi di Jambi, Selasa, mengatakan guna kelancaran mobilitas rombongan calon jamaah haji yang berasal dari kabupaten/kota sehingga dikeluarkan kebijakan untuk pemberhentian sementara aktifitas operasional angkutan batu bara.

"Penghentian sementara lalu lintas angkutan batu bara tersebut agar rombongan yang hendak mengantar calon jamaah haji tidak terkendala macet akibat operasional angkutan batu bara," katanya.

Imbauan ini berlaku di wilayah Provinsi Jambi dan sekitarnya ,agar mobilitas rombongan calon jamaah haji berjalan lancar dan bisa tepat waktu menuju Asrama Haji di Kota Jambi dan menuju Bandara Sultan Thaha Syaipuddin (STS) Jambi.

Baca juga: Polda Jambi stop lalu lintas angkutan batu bara di jalan nasional
Baca juga: Pemkot Jambi pastikan angkutan batu bara masuk Kota Jambi didenda

Selain itu kepada pemilik armada batu bara serta pihak perusahaan tambang untuk mentaati aturan tersebut. Selanjutnya ia memastikan bahwa personel Ditlantas Polda Jambi siap mengawal lalu lintas di daerah.

"Kami siap memastikan situasi di lapangan dalam melakukan pengawalan rombongan calon jamaah haji terutama dari kabupaten agar bisa tepat waktu," kata dia.

Sementara itu jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) pertama dari Provinsi Jambi, Senin (5/6) dilepas oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman untuk berangkat ke Tanah Suci Mekkah melalui embarkasi Batam.

Selain jamaah calon haji, juga diberangkatkan sejumlah petugas haji yang membantu dan melayani jamaah selama di tanah suci. Mereka diminta untuk lebih peka terhadap kebutuhan jamaah, terutama jamaah lansia.

Adapun jumlah jamaah haji Provinsi Jambi yang berangkat tahun ini berjumlah 2.955 orang.

Baca juga: BPJN IV Jambi minta angkutan batubara ikuti aturan yang berlaku
Baca juga: Polda Jambi laporkan 36 perusahaan batu bara ke Kementerian ESDM

Pewarta: Tuyani
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023