Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung penuh peluncuran trailer film "Onde Mande!" sebagai upaya membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja di sektor ekonomi kreatif.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan film karya sutradara Paul Fauzan Agusta ini merupakan film yang kental akan nuansa tradisi dan budaya Minangkabau.

"Kita melihat di film ini sarat kearifan lokal khas Sumatra Barat," kata Sandiaga, di Jakarta, Senin (5/6).

Baca juga: Masayu Anastasia jadi sinden di film horor "Paku Tanah Jawa"

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini meyakini film yang memilih lokasi syuting di Jorong Sigiran, Nagari Tanjung Sani, Kabupaten Agam ini akan sangat diminati di dunia perfilman Tanah Air. Selain itu, film yang akan tayang di bioskop pada 22 Juni 2023 ini juga menjadi media promosi salah satu destinasi wisata ternama di Sumatera Barat, yaitu Danau Maninjau.

"Saya rasa ini prospeknya bagus sekali, jadi kita akan dukung dan dorong. Semoga Danau Maninjau menjadi destinasi baru di Indonesia," kata Made.

Sementara itu, Paul Fauzan Agusta selaku sutradara dari film "Onde Mande!" ini mengungkapkan bahwa film tersebut mengangkat nilai-nilai kekeluargaan serta gambaran kehidupan sehari-hari masyarakat Jorong Sigiran yang berada di tepian Danau Maninjau. Salah satu keunikan dari film ini, kata dia, adalah dialog para pemeran yang 90 persen menggunakan Bahasa Minang.

Baca juga: Menparekraf apresiasi film Indonesia masuk festival internasional

Film "Onde Mande!" menceritakan Angku Wan (Musra Dahrizal) yang memenangkan hadiah undian sebesar Rp2 miliar.

Sayangnya, Angku Wan meninggal dunia sebelum menerima hadiah tersebut.

Warga desa dan kerabat pun akhirnya mengelabui perusahaan yang mengadakan undian tersebut dan membuat Angku Wan seolah-olah masih hidup.

Keadaan semakin runyam ketika Anwar (Emir Mahira) datang ke desa untuk memvalidasi identitas Angku Wan sebagai penerima hadiah.

Film keluarga bergenre drama komedi ini dibintangi oleh Emir Mahira, Shenina Cinnamon, Jajang C. Noer, Jose Rizal Manua, Musra Dahrizal, Shahabi Sakri, dan Ajil Ditto.

Film "Onde Mande!" akan tayang di bioskop Indonesia mulai 22 Juni 2023.

Baca juga: Arab Saudi luncurkan film dokumenter perjalanan haji warga Indonesia

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023