Kenali tingkatan luka bakar

Jakarta (ANTARA News) - Luka bakar memiliki derajat atau tingkatan yang perlu diketahui oleh masyarakat umum, kata dokter ahli bedah plastik dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dr. Parintosa Atmodiwirjo, SpBP(K).

Parintosa menjelaskan bahwa luka bakar memiliki tiga tingkatan yaitu; ringan, sedang, dan berat.

"Luka bakar ringan biasanya terasa perih atau nyeri dan berwarna kemerahan, seperti sunburnt," ujar Parintosa pada seminar untuk atasi luka bakar di Jakarta, Sabtu.

Parintosa mengemukakan bahwa kulit yang melepuh merupakan indikator dari luka bakar dengan tingkatan sedang.

Kontak panas hanya mengenai kulit pada lapisan teratas saja, sehingga lapisan kulit tersebut akan terlepas dan mengeluarkan cairan.

Sementara untuk luka bakar mayor atau berat, Parintosa menyatakan bahwa biasanya penderita sudah tidak merasakan rasa panas.

"Luka bakar yang menghitam gosong dengan warna pucat di tengah, disertai kulit sekitar yang mengering sudah harus segera dibawa ke rumah sakit, karena itu sudah luka bakar dalam dan harus ditangani oleh tenaga medis," jelas Parintosa.

Pada luka bakar mayor, kulit di sekitar bagian yang terbakar akan bersisik, dan luka tersebut menimbulkan bekas parut dan luka, imbuh Parintosa.

(M048)

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2013

WNA asal Korsel alami luka bakar 35 persen

Komentar