Pangkalpinang (ANTARA) - PT Timah Tbk mengucurkan Rp2 miliar untuk membantu modal mitra usaha mikro kecil menengah (UMKM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sebagai langkah perusahaan mendorong ekonomi masyarakat.

"Hari ini PT Timah Tbk memberikan Rp2 miliar kepada 58 mitra UMKM," kata Kepala Bidang Komunitas Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan dalam melaksanakan penyaluran penguatan permodalan bagi UMKM ini, PT Timah Tbk bekerja sama dengan Bank BRI, guna mendorong kemandirian UMKM dalam mengembangkan usahanya.

"Pada tahun ini, PT Timah telah menargetkan Rp10 miliar untuk mendukung kemandirian UMKM ini," katanya.

Ia menyatakan dalam mendorong kemandirian UMKM ini, PT Timah Tbk juga memberikan pembinaan dan pelatihan bagi mitra binaan untuk mengembangkan kemampuannya.

"Pada tahun ini, kami akan menggelar pelatihan marketing bagi mitra binaan. Sehingga nantinya bisa membantu dalam mempromosikan produk khas daerah ini," katanya.

Menurut dia untuk meningkatkan pemasaran pelaku UMKM, PT Timah Tbk juga memfasilitasi para mitra binaan untuk memasarkan produknya di Tins Gallery, Galeri Rumah Tua Swisbell Hotel dan Galeri Serumpun Sebalai.

Selain itu, juga PT Timah Tbk juga kerap memfasilitasi mitra binaan untuk mengikuti pameran di tingkat lokal, nasional hingga internasional.

"Pelaku UMKM berperan untuk mendorong perekonomian masyarakat dan penciptaan lapangan pekerjaan, sehingga PT Timah Tbk sejak tahun 2000 silam melaksanakan program PUMK untuk membantu UMKM bisa mandiri dan terus berkembang," katanya. 


Baca juga: PT Timah libatkan bumdes reklamasi 400 hektare bekas tambang


Baca juga: PT Timah-FPKL menanam 1.000 mangrove di Pantai Ambat Kaya

Pewarta: Aprionis
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023