Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah konten sepanjang 27 detik di TikTok, membagikan informasi tentang obat "sakti" yang diklaim dapat mengatasi sakit gigi seumur hidup.

Video yang beredar sejak akhir Mei 2023 ini menjelaskan ramuan pereda sakit gigi itu hanya memerlukan daun jeruk serta garam.

Sang pengunggah video pun menyampaikan bahwa cara membuat ramuan tersebut tidak sulit. Hanya perlu mencuci beberapa lembar daun jeruk, lalu dicampur dengan garam serta diseduh dengan air hangat.

"Gempar!!! Seumur hidup Gak Sakit Gigi Lagi. Kenapa baru tau!! Ramuan sakit gigi gratis," demikian isi narasi dalam video TikTok itu.

Lantas, benarkah rebusan daun jeruk dapat hilangkan sakit gigi selamanya?
 
Tangkapan layar berisi narasi hoaks yang menyebutkan sakit gigi hilang selamanya dengan rebusan daun jeruk dan garam   (TikTok)


Penjelasan:
Klaim soal campuran daun jeruk dan garam sebagai obat sakit gigi seumur hidup merupakan narasi salah.

Dalam artikel klikdokter, yang ditinjau dokter Atika, disebutkan manfaat daun jeruk adalah sebatas menjaga kesehatan mulut, layaknya mengatasi sariawan dan merawat gusi.

Namun, tidak ada rekomendasi daun jeruk sebagai obat sakit gigi.

“Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa minyak esensial yang dihasilkan daun jeruk purut dapat mengurangi bakteri jahat di dalam rongga mulut. Namun, studinya masih terbatas,” kata dokter Atika, sebagaimana dimuat artikel klikdokter pada 24 Januari 2022.    

Sementara larutan garam sudah lama dikenal berkhasiat untuk mengurangi nyeri akibat sakit gigi. 

Garam alami, yaitu natrium klorida, bisa membantu menurunkan pertumbuhan bakteri di mulut. Selain itu, garam juga bisa menyerap molekul air yang dibutuhkan bakteri untuk hidup dan berkembang.

Kendati demikian, mengacu halodoc, air garam disarankan hanya menjadi pereda sakit gigi yang sifatnya sementara. Jika dilakukan sebagai pengobatan jangka panjang, air garam bisa merusak gigi karena bersifat basa.

Klaim: Sakit gigi hilang selamanya dengan rebusan daun jeruk dan garam
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Kulit jeruk bisa putihkan gigi

Cek fakta: Hoaks, gigi berlubang disebabkan oleh ulat gigi

Cek fakta: Hoaks, Warna Pada Kemasan Pasta Gigi Tunjukkan Bahan Yang Digunakan




 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023