Jakarta (ANTARA) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berharap klub segera melepas para pemainnya yang dipanggil untuk memperkuat tim nasional, karena hingga hari ketiga pemusatan latihan di Surabaya baru 15 pemain yang bergabung.

"Saya sampaikan di sini, ada dua pemain Persija yang masih ditahan. Semestinya Witan Sulaeman dan Rizky Ridho ada di sini karena tidak ada kegiatan di klub. Mohon lah mengerti karena kami juga menginginkan adanya chemistry antar pemain. Komunikasi timnas dan klub jangan seperti ini lagi," kata manajer timnas Sumardji, seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Dari 26 pemain yang dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong, baru terdapat 15 pemain yang hadir. Mereka adalah Sandy Walsh, Andy Setyo, Rafael Struick, Syahrul Trisna, Dendy Sulistyawan, Fahcruddin Aryanto, Dimas Drajad, Stefano Lilipaly, Ernando Ari, Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Marc Klok, dan Edo Febriansyah.

Baca juga: Ketum PSSI pantau kesiapan GBT Jelang laga Indonesia lawan Palestina

Selain Rizky Ridho dan Witan, tiga orang pemain PSM Makassar juga diketahui belum bergabung ke timnas, serta beberapa pemain yang merumput di luar negeri.

Khusus untuk PSM, PSSI menyatakan dapat memaklumi karena tim juara Liga 1 2022/2023 itu masih menjalani pertandingan play off AFC Champions League menghadapi Bali United, yang menggunakan pranata kandang dan tandang.

Menurut Sumardji, timnas akan lengkap paling lambat pada 12 Juni atau dua hari menjelang FIFA Match Day melawan Palestina yang akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

"Semua ini demi bangsa dan negara. Jadi saya mohon pengertiannya. Ini dilakukan untuk kepentingan bangsa dan negara," katanya menambahkan.

Hal itu disebabkan karena para pemain yang berkarier di luar negeri yakni Jordi Amat (Johor Da'rul Tazim/Malaysia), Saddil Ramdani (Sabah/Malaysia), Pratama Arhan (Tokyo Verdy/Jepang), Shayne Pattynama (Viking FK)/Norwegia), dan Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons/Korea Selatan) masih membela klubnya masing-masing sampai 10 dan 11 Juni. Sedangkan Elkan Baggott (Cheltenham Town/Inggris) baru akan bergabung ke Surabaya pada Kamis.

Baca juga: Sandy Walsh senang debut pertama timnasnya di Surabaya

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023