Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) menggelar kegiatan Coaching Clinic KreatIPO untuk identifikasi kesiapan awal pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam melaksanakan Initial Public Offering (IPO).

Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf Anggara Hayun Anujuprana dalam keterangan yang diterima di Jakarta pada Rabu menyampaikan bahwa permodalan masih menjadi salah satu tantangan besar bagi para pelaku usaha Parekraf di Indonesia apalagi sebagian besar dari mereka memiliki aset intangible atau aset yang tidak berwujud.

“Semoga dengan mempertemukan para pelaku usaha Parekraf dengan alternatif sumber pembiayaan non-perbankan ini, tujuan utama pemerintah untuk memajukan dan mengembangkan industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dapat tercapai dan berkontribusi meningkatkan lapangan kerja” ucapnya.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari rangkaian Program Roadshow Usaha Parekraf menuju IPO dan memberi gambaran awal tentang pasar modal khususnya skema penawaran umum perdana saham atau yang lebih dikenal dengan nama Initial Public Offering (IPO). 
 
Bertempat di HARRIS Hotel & Conventions Bekasi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi Abi Hurairah berharap banyak dari pelaku usaha yang mengikuti Coaching Clinic ini dapat menuju IPO agar perekenomian di kota Bekasi dapat meningkat serta menjadi motivasi bagi pelaku usaha Parekraf lain.

Kota Bekasi merupakan kota pertama tempat digelarnya kegiatan Coaching Clinic KretIPO tahun 2023. Ketua Pokja Dana Masyarakat Kemenparekraf Sabar Norma Megawati mengharapkan, kegiatan yang dihadiri oleh 56 pelaku usaha Parekraf Bekasi ini dapat mengidentifikasi dan mengukur kesiapan pelaku usaha untuk melakukan Penawaran Umum Perdana saham dengan metode dua arah.

Adapun peserta dan pemateri terdiri dari Bursa Efek Indonesia,Mirae Asset Sekuritas, KGI Sekuritas dan Surya Fajar Sekuritas.

Program Roadshow Usaha Parekraf menuju IPO meliputi beberapa kegiatan seperti literasi terkait pasar modal, Coaching Clinic KreatIPO dengan kegiatan one on one dengan menginisiasi pertemuan dengan profesi penunjang dalam rangka identifikasi kesiapan IPO dalam aspek regulasi, keuangan, legalitas dan kesiapan underwriter.

Selanjutnya peserta masuk dalam seleksi masuk IDX Incubator, pembinaan oleh IDX Incubator dan monitoring oleh Kemenparekraf.

Terakhir akan ada pelaksanaan Demoday untuk mempertemukan perusahaan dengan profesi penunjang yang akan membantu penyiapan IPO.

Baca juga: BPOLBF sebut kehadiran festival jadi daya tarik bagi wisatawan

Baca juga: Kemenparekraf-Pemkab Lombok Barat tingkatkan kualitas SDM desa wisata

Baca juga: Kemenparekraf mengusulkan Surakarta dan Depok masuk nominasi UCCN 2023

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023