Jakarta (ANTARA) - Liga Spanyol bersiap untuk menyambut sejumlah pemain baru untuk musim 2023/2024 setelah sebelumnya ditinggalkan bintang sepak bola seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan yang terkini Karim Benzema.

Para penggemar sepak bola negara Iberia itu mestinya tidak perlu cemas, karena sederet calon pemain bintang telah siap untuk memberikan penampilan terbaik pada liga papan atas Eropa itu.

Berikut adalah lima calon pemain bintang yang berpeluang bersinar pada musim 2023/2024. Perkiraan ini bukan tanpa dasar, melainkan berkaca pada penampilan apik mereka pada musim lalu.

1. Alejandro Balde (Barcelona)
Bek kiri Barcelona berusia 19 tahun itu mampu mengamankan posisi sayap kiri di tim inti Barcelona musim 2022/2023. Total Balde mencatatkan 33 penampilan, dengan 30 penampilan dilakukannya sebagai pemain inti.

Balde sebenarnya sudah resmi berseragam Barcelona pada musim 2021/2022, namun pada musim pertamanya ia lebih banyak dimainkan sebagai pelapis Jordi Alba. Seiring waktu Balde pun menggusur Jordi Alba, dan kini cukup rutin dipanggil memperkuat tim nasional Spanyol asuhan Luis Enrique.

Dengan kecepatan dan kemampuannya menggiring bola, Balde kini sudah menjadi salah satu pemain favorit publik Katalan. Sehingga jika tidak ada masalah cedera, kemungkinan besar posisi bek kiri Barca akan menjadi milik Balde untuk beberapa musim mendatang.

Baca juga: LALIGA luncurkan logo anyar wakili evolusi selama 10 tahun terakhir

2. Fran Garcia (Real Madrid)
Bek kiri kembali menjadi salah satu posisi yang melahirkan pemain potensial. Adalah Fran Garcia yang sukses secara permanen pada posisi tersebut di Rayo Vallecano musim 2022/2023.

Penampilan gemilang itu kemudian membuat pemain 23 tahun itu dilirik klub raksasa Real Madrid. Kepindahan Garcia tersebut sudah dikonfirmasi oleh pelatih Carlo Ancelotti.

Mantan pemain didikan akademi Real Madrid itu menghabiskan tiga musim terakhir di Rayo Vallecano, yang turut membawanya ke promosi divisi teratas pada musim 2021/2022. Ia kemudian menjalani dua musim yang luar biasa di bawah asuhan pelatih Andoni Iraola, yang memberikan kepercayaan penuh kepada Garcia.

Selain sebagai bek yang dapat naik membantu serangan, Garcia juga merupakan pemain bertahan yang cepat dan solid. Garcia sempat menyumbang gol saat Vallecano berhadapan dengan Atletico Madrid dan Barcelona pada musim lalu.

3. Arnau Martinez (Girona)
Girona tampil bagus sekembalinya ke divisi teratas Liga Spanyol, dengan mengandalkan banyak pemain mudanya. Namun di antara sejumlah pemain muda yang diandalkan pelatih Michel, hanya bek kanan Arnau Martinez yang mencuri perhatian banyak pihak berkat permainan yang mengesankan.

Pemain 20 tahun itu menyumbang tiga gol dan empat assist untuk menggarisbawahi kemampuan menyerangnya. Ia juga memiliki kondisi fisik bagus yang membuatnya diminati beberapa klub lain.

Baca juga: Setelah 14 tahun, Karim Benzema dikabarkan akan tinggalkan Real Madrid

Dengan usianya yang masih muda, Arnau disebut-sebut sebagai salah satu pemain yang paling dinanti penampilannya pada musim baru.

4. Nico Jackson (Villarreal)
Penyerang Villarreal Nico Jackson didaulat sebagai pemain paling prima menjelang berakhirnya musim 2022/2023. Ia total mencetak 12 gol sepanjang musim, di mana 10 gol dibukukan Nico selama April, Mei, dan Juni.

Agresivitas dan kemampuan menyelesaikan serangan Nico membuat penampilannya dinantikan banyak pihak pada musim depan, dan ia juga berpotensi merebut Trofi Pichichi berdasarkan ketajamannya di akhir musim 2022/2023.

Pemain muda Senegal itu juga turut bermain untuk negaranya pada Piala Dunia 2022. Sayangnya pada perhelatan akbar itu, ia hanya dimainkan selama 16 menit saat Senegal berhadapan dengan Belanda.

5. Aimar Oroz (Osasuna)
Nama Aimar Oroz mungkin tidak banyak dikenal publik non penggemar Liga Spanyol. Namun ia mengawali musim lalu dengan memperlihatkan kematangannya pada pertandingan melawan Sevilla. Saat itu skor sedang imbang 1-1, dan Osasuna mendapat penalti. Pada kesempatan itu, Aimar yang baru berusia 20 tahun dengan berani mengambil bola untuk mengeksekusi penalti, dan ia sukses mengonversinya untuk memastikan kemenangan timnya.

Setelah laga itu, permainan Aimar semakin berkembang. Sebagai gelandang serang, Aimar menjadi salah satu pemain muda menonjol, dan berhasil mencatatkan tiga gol dan enam assist pada musim 2022/2023, untuk membuatnya kini masuk dalam radar klub-klub besar.

Baca juga: Inilah tiga pemenang penghargaan individual musim 2022/2023

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023