Jakarta (ANTARA) - Lembaga Pendidikan Antara (LPA) melatih Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) dari seluruh daerah operasi (Daops) dan Divisi Regional (Divre) untuk mendalami produk jurnalistik dalam mengelola citra positif perusahaan lewat pelatihan bertajuk “Workshop Menulis dan Fotografi” di Jakarta, Rabu.

Sebanyak 30 peserta dari seluruh Daops di Pulau Jawa dan Divisi Regional di Pulau Sumatera diberikan kemampuan membuat tulisan dan foto yang menarik serta dibutuhkan publik dan audiens.

"Workshop ini merupakan momentum yang baik untuk menambah pengetahuan dan keterampilan mengelola pemberitaan seputar PT KAI (Persero) yang dinamis di tengah itikad memberikan kualitas pelayanan prima bagi seluruh masyarakat pengguna kereta api," ujar VP Public Relations PT KAI, Joni Martinus dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Rabu.

Baca juga: KAI Daop Semarang operasikan tiga KA tambahan tujuan Jakarta

Dalam kesempatan pembukaan acara pelatihan yang juga dihadiri oleh Kepala Divisi Layanan Media dan Komunikasi (LMK) Ditkombisti Perum LKBN ANTARA, Panca Hari Prabowo.

Para peserta ditugaskan memperhatikan dan mengelola perkembangan tren berita dan informasi seputar PT KAI. Untuk menghasilkan produk yang berkualitas, para peserta didorong untuk memahami nilai-nilai berita, pemilihan tema dan angle yang relevan, kontekstual, dan sesuai kaidah jurnalistik.

Baca juga: Rata-rata penumpang di wilayah Daop 3 Cirebon di atas 7.500 orang

Tampil sebagai pemateri tulis adalah Korlip Liputan Ekonomi ANTARA, Sella Panduarsa Garetta dan Redaktur Internasional Asep Jafar Munawar Sidik. Sedangkan untuk fotografi akan disampaikan oleh Redaktur Foto senior, Maha Eka Swasta dengan mentor Robby Oktawianto dan Muchlis Akbar.

Joni Martinus mengharapkan seluruh 30 peserta pelatihan berkonsentrasi penuh dan mengoptimalkan seluruh kemampuan untuk menyerap materi yang disampaikan oleh pemateri LPA.

Baca juga: KAI : Di Sumut masih ada 252 perlintasan kereta api liar

Mengutip pernyatan Albert Einstein,” if you can’t motivate yourself, don't expect to get more”, Joni memotivasi seluruh 30 Humas PT KAI untuk menjadi yang terbaik. Selalu ada ketika perusahaan membutuhkan, pantang menyerah dan tidak pernah mengeluh.

Pelatihan untuk PT KAI (Persero) ini berlatar belakang pada pembangunan citra positif dengan memanfaatkan media, baik media konvensional maupun digital ( media baru dan media sosial) yang semakin gencar dilaksanakan untuk menjangkau sebanyak mungkin khalayak secara efektif dan efisien.

Pelatihan ini juga didesain secara khusus agar peserta mengetahui proses produksi karya jurnalistik tulis dan foto. Mulai dari perencanaan produksi, pengolahan dan penyuntingan produk hingga tata cara pendokumentasiannya agar mudah ditemukan dan lestari.

Baca juga: Kabid Humas Polda se-Indonesia dilatih komunikasi menangani krisis
Baca juga: Pewarta Antara berikan pelatihan menulis bagi peserta SMN

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023