Jakarta (ANTARA) - Satria Muda Pertamina Jakarta kembali ke puncak klasemen sementara IBL Tokopedia 2023 usai mengalahkan Bima Perkasa Jogja dengan skor akhir 71-66 dalam seri ketujuh yang digelar di C-Tra Arena, Bandung, Rabu.

Untuk menghadapi laga kali ini, Satria Muda turun dengan starter Juan Laurent Kokodiputra, Antoni Erga, Widyanta Putra Teja, pemain asing Elijah Foster, dan kapten tim Avan Seputra.

Sebaliknya, dari Bima Perkasa, lima pemain inti adalah Samuel Devin Susanto, Argus Sanyudy, Ali Mustofa, pemain asing Cameron Coleman, dan kapten tim Ikram Fadhil.

Berdasarkan hasil pertandingan yang disiarkan IBL, Rabu, Satria Muda langsung unggul 5-0 setelah tip-off. Namun, saat kran poin Bima Perkasa terbuka, mereka langsung bisa membalikkan keadaan.

Empat poin beruntun dari Argus dan Samuel membuat Bima Perkasa berbalik unggul 8-7. Sayangnya, momentum tersebut tidak bisa dipertahankan oleh Bima Perkasa. Mereka justru terkena serangan dari tembakan jarak jauh.

Baca juga: Elang Pacific hajar Evos Thunder di IBL Seri Bandung

Back-to-back three point dari Widi dan Avan membuat Satria Muda memimpin 15-8. Kuarter pertama ditutup dengan keunggulan Satria Muda 23-21.

Memasuki kuarter kedua, Ikram Fadhil membuat kejutan. Dalam dua menit, Ikram berhasil menyamakan kedudukan menjadi 25-25. Setelah itu, kedua tim saling bergantian memimpin jalannya pertandingan.

Sampai pada akhirnya Bima Perkasa bisa menguasai keadaan sejak menit keenam. Bima Perkasa melaju 9-2 untuk mencetak keunggulan 39-35. Keunggulan ini tetap terjaga hingga turun minum.

Satria Muda mengunci pergerakan Bima Perkasa di babak kedua. Bima Perkasa hanya mampu mencetak 23 poin di kuarter ketiga dan keempat.

Bukan hanya akurasi tembakan yang buruk, Bima Perkasa memang tidak punya kesempatan menyerang karena pertahanan yang bagus dari Satria Muda. Bahkan Bima Perkasa dipaksa melakukan delapan kali turnovers di babak kedua.

Dari kubu Bima Perkasa, Cameron Coleman mencetak 20 poin dan 10 rebound. Ia juga menambahkan tiga assist di laga ini. Sementara Ikram Fadhil menyumbang 13 poin, lalu Restu Dwi Purnomo dari bench berkontribusi 10 poin.

Penampilan Bima Perkasa justru menurun di babak kedua. Dengan hasil pertandingan ini, maka Satria Muda berhasil menyapu Bima Perkasa (2-0) di musim reguler IBL Tokopedia 2023.

Kemenangan tersebut juga membuat posisi Satria Muda kembali ke puncak klasemen. Avan Seputra dan rekan-rekan menang 23 kali dari 24 pertandingan. Sementara Bima Perkasa masih tertahan di peringkat kelima dengan 16 kemenangan dari 25 pertandingan.

Posisi mereka memang aman di zona playoffs, namun masih berpeluang turun peringkat mengingat di bawahnya ada RANS PIK Basketbal yang hanya berjarak satu kemenangan dari Bima Perkasa.

Baca juga: Colome debut manis bersama Dewa United saat kalahkan Evos

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023