Kami sudah mengosongkan dua ruang kelas ini sebelum ambruk...
Banyumas (ANTARA News) - Dua ruang kelas Sekolah Dasar Negeri Kalicupak Lor, Banyumas, ambruk sehingga kegiatan belajar mengajar dialihkan ke rumah dinas kepala sekolah dan mushalla.

"Ruangan kelas 1 dan 2 ini ambruk pada Sabtu (9/2) pagi. Beruntung belum ada siswa yang masuk karena kejadiannya sekitar pukul 05.30 WIB," kata penjaga sekolah, Teguh (24) kepada wartawan, di SDN Kalicupak Lor, Senin.

Menurut dia, ambruknya dua ruang kelas tersebut disebabkan penyangga sudah keropos.

"Atap dan kusen di dua ruang kelas ini sudah keropos sehingga ambruk," kata dia menjelaskan. Bahkan, tambahnya, dinding ruangan kelas yang berukuran 7,5x7,5 meter ini juga sudah retak-retak sebelum ambruk.

Sementara itu, Kepala SDN Kalicupak Lor Tofur mengatakan, bangunan sekolah ini terakhir direnovasi sekitar 1981. Menurut dia, kerusakan ruang kelas 1 dan 2 mulai terjadi sekitar dua tahun silam.

"Kami sudah mengosongkan dua ruang kelas ini sebelum ambruk, sedangkan kegiatan belajar mengajar dialihkan ke rumah dinas dan musala," kata Tofur yang telah melaporkan kondisi dua ruangan kelas tersebut kepada Dinas Pendidikan Banyumas.

Akan tetapi hingga ruangan tersebut ambruk, kata dia, belum ada tindak lanjut atau perbaikan.
"Kami berharap segera ada respons dari pemerintah," katanya.

(KR-SMT)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013