Jakarta (ANTARA) - Pemain tim nasional Indonesia Pratama Arhan mencatatkan assist saat diberi kesempatan bermain selama 90 menit oleh Tokyo Verdy, dalam pertandingan putaran kedua Piala Kaisar 2023 melawan Thespakuatsu Gunma, Rabu malam WIB.

Pada pertandingan yang dimainkan di Ajinomoto Field Nishigaoka, Nagoya, tersebut, Tokyo Verdy berhasil mengalahkan lawannya yang juga merupakan tim divisi kedua dengan skor 2-1. Arhan berperan besar memberi assist bagi gol penyama kedudukan Tokyo yang dibukukan Goki Yamada melalui lemparan jarak jauhnya pada menit ke-44.

Tokyo tertinggal terlebih dahulu akibat gol bunuh diri Ryo Nishitani pada menit ke-36. Namun keunggulan Thespakuatsu tidak bertahan lama sebab delapan menit kemudian, lemparan jarak jauh yang dilepaskan Arhan dari sisi kiri lapangan mampu mengarah ke kotak penalti tim tamu untuk kemudian disambut sundulan Yamada.

Tim asal ibukota Jepang itu kemudian berhasil mengamankan kemenangan berkat gol bunuh diri pemain Thespakuatsu pada menit ke-83. Berkat kemenangan ini, Tokyo Verdy berhak melaju ke putaran berikutnya.

Kontribusi Arhan mendapat kredit besar dari pihak klub, yang menyebut ia merupakan pahlawan pada pertandingan kali ini. Bagi Arhan, ini merupakan kedua kalinya ia dipercaya bermain sejak awal di Tokyo Verdy. Terakhir kali mantan pemain PSIS Semarang itu bermain untuk Tokyo Verdy adalah hampir setahun silam, saat mereka menghadapi Toshigi FC. Ia pun hanya bermain selama 45 menit pada pertandingan tersebut.

Arhan sejak masih bermain di Indonesia memang dikenal memiliki lemparan ke dalam yang jauh (long throw in), sehingga bola dapat dikirimkan ke kotak penalti lawan.

"Ya saya manfaatkan (lemparan ke dalam yang jauh) itu juga sih, karena kita juga sudah latihan long throw, terus kita manfaatkan, akhirnya cetak gol juga," kata Arhan saat diwawancarai media internal Tokyo Verdy.

Tokyo Verdy saat ini menghuni peringkat ketiga klasemen divisi kedua Liga Jepang dengan koleksi 33 poin dari 19 pertandingan. Di ajang liga, mereka selanjutnya akan bertandang ke markas tim papan tengah Okayama. Jika penampilan Arhan dinilai benar-benar bagus pada laga Piala Kaisar, bukan tidak mungkin ia akan kembali mendapatkan menit bermain di kompetisi liga.

Baca juga: Pratama Arhan belum tertarik pindah ke klub Thailand Muang Thong
Baca juga: Pratama Arhan jadi bagian 15 pemain Asia Tenggara di Liga Jepang

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023