Jakarta (ANTARA) - Borussia Dotmund telah mengumumkan kepindahan pemain andalannya Jude Bellingham ke klub asal Spanyol Real Madrid yang akan diresmikan pada 1 Juli mendatang sesuai peraturan yang diberlakukan FIFA.

"Pemain Jude Bellingham hampir pindah dari Borussia Dortmund ke Real Madrid CF. Ini adalah kesepakatan bersama hari ini pada prinsipnya para pihak. Rincian kontrak sekarang harus dikoordinasikan dan diselesaikan. Apalagi, realisasi transfer tersebut masih dalam proses yang baik dan tepat waktu sesuai dengan ketentuan FIFA Transfer Matching System (FIFA TMS)," dilansir dari laman resmi Borussia Dortmund, Rabu.

Pemain peraih penghargaan best player Bundesliga musim 2022-2023 itu dibanderol sekitar 100 milliar Euro belum termasuk dengan biaya variabel tertentu seperti kesepakatan prestasi yang diperoleh pemain apabila meraih trofi bersama Real Madrid atau biaya variabel lainnya.

"Dengan realisasi transfer ini Real Madrid akan membayar BVB kompensasi transfer tetap sebesar 103,0 Milliar Euro. Selain itu, pembayaran biaya transfer variabel sampai dengan jumlah total maksimum sekitar 30% dari jumlah biaya transfer tetap telah disepakati," tulis keterangan resmi klub.

Baca juga: Jude Bellingham terpilih sebagai pemain terbaik Bundesliga musim ini

Jude Bellingham bakal menjadi pemain kedua yang didatangkan Real Madrid ke stadion Santiago Bernabeu, usai sebelumnya Los Blancos telah menjalin kesepakatan dengan bek Rayo Vallecano Fran Garcia yang dulunya juga merupakan pemain didikan akademi Real Madrid.

Bersama dengan Borussia Dortmund selain memperoleh gelar pemain terbaik Bundesliga, Bellingham tampil impresif dengan tampil sebanyak 31 pertandingan telah mencetak delapan gol dan memberikan empat assits.

Pemain berusia 19 tahun itu akan menjadi salah satu pemain penting dalam tahapan peremajaan skuad Real Madrid yang kini dihuni pemain-pemain muda potensial seperti Vinicius Junior, Rodrygo Goes, Eduardo Camavinga, Aurelien Tchouameni dan Fede Valverde.

Selain sudah hampir mendatangkan Bellingham, Real Madrid masih bakal berburu pemain usai ditinggal sang kapten Karim Benzema dengan menargetkan penyerang Tottenham Hotspur Harry Kane sebagai pengganti.

Sementara itu Borussia Dortmund dirumorkan akan mendekati pemain muda akademi Manchester United Hannibal Mejbri untuk mengisi pos gelandang tengah yang ditinggalkan Bellingham.

Baca juga: Liverpool mundur beli Bellingham, alihkan target ke empat pemain EPL
Baca juga: Borussia Dortmund tempel ketat Bayern usai tekuk Monchengladbach 5-2

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023