Jakarta (ANTARA) - Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) kembali hadir pada tahun ini dalam edisi ke-27 di Korea Selatan dengan menghadirkan pemutaran 262 film pendek dan film panjang dari 51 negara di dunia.

Festival tahun ini akan berlangsung di bioskop setempat dan berbagai titik lokasi lainnya di kota Bucheon, Korea Selatan, mulai 29 Juni hingga 9 Juli 2023. BIFAN merupakan festival film bergenre terbesar di Korea Selatan yang berfokus pada film horor, thriller, misteri, dan fantasi.

"Kami akan menjadikan festival film ini untuk menganalisis serta memprediksi masa kini dan masa depan film Korea mengingat perubahan signifikan yang terjadi di industri film global," kata Direktur BIFAN Shin Chul, menurut laporan Yonhap yang disiarkan Rabu (7/6) waktu setempat.

Film "Beau Is Afraid" (2023) karya sutradara Amerika Ari Aster dipilih sebagai film pembuka festival tersebut. Sementara itu, film horor "Everyone's Song" karya sutradara Jepang Takashi Shimizu akan menjadi penutup BIFAN 2023.

Dalam kompetisi Bucheon Choice, terdapat sembilan film kategori fitur internasional serta 14 judul kategori film pendek yang akan bersaing memperebutkan penghargaan di festival.

BIFAN pada tahun ini juga akan pemutaran khusus 10 film besar yang dibintangi oleh Choi Min-sik, seorang aktor legendaris yang mewakili industri film Korea. Selain itu, sejumlah film pendek tahap awal karier aktor itu juga akan diputar secara khusus.

Baca juga: Pemutaran perdana "Inang" di BIFAN tuai sambutan positif

Baca juga: Festival Film Bucheon hadirkan pemutaran 268 film dari seluruh dunia

Baca juga: Film "Paranoia" Riri Riza tayang perdana di BIFAN 2021

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023