Jakarta (ANTARA) - Alexander Zverev kembali secara emosional ke semifinal French Open, satu tahun setelah cedera pergelangan kaki membuat kariernya tidak menentu, seusai memenangi pertandingan perempat final, Rabu waktu setempat.

Petenis Jerman peringkat 27 dunia Zverev mengklaim kemenangan 6-4, 3-6, 6-3, 6-4 atas petenis Argentina Tomas Martin Etcheverry, dan akan menghadapi Casper Ruud, runner-up 2022, untuk memperebutkan tempat di final hari Minggu.

Ini akan menjadi semifinal Grand Slam keenam Zverev dan akan dimainkan di Lapangan Philippe Chatrier yang sama di mana ia mengalami cedera ligamen pergelangan kaki saat melawan Rafael Nadal 12 bulan lalu.

Berada di peringkat tiga dunia pada saat itu, Zverev yang menangis tersedu-sedu dibawa keluar lapangan dengan kursi roda dan absen hingga Januari tahun ini.

Baca juga: Ruud melaju ke semifinal French Open untuk kedua kali secara beruntun

"Itu adalah tahun tersulit dalam hidup saya," kata Zverev yang berusia 26 tahun, seperti disiarkan AFP, Kamis.

"Saya suka bermain tenis, namun olahraga serta kompetisi itu seperti diambil dari saya."

"Saya sangat senang bisa kembali ke panggung ini dan senang bisa memiliki kesempatan lain untuk bermain di final," ujar Zverev.

Juara Olimpiade dan runner-up US Open 2020 Zverev mematahkan servis lawannya pada gim ketujuh set pertama dan menyelamatkan dua break point pada gim kedelapan sebelum mengantongi set pembuka.

Peringkat 49 dunia Etcheverry, yang bertanding di perempat final turnamen mayor untuk pertama kalinya, menyamakan kedudukan dan dengan cepat unggul 2-0 pada set ketiga.

Namun, Zverev mengambil alih lima gim berturut-turut sebelum merebut set ketiga dan kemudian meraih break yang menjadi kunci untuk unggul 4-3 pada set keempat.

Baca juga: Juara bertahan Swiatek bertemu Haddad Maia di semifinal French Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023