Jakarta (ANTARA) - Sebanyak empat tim mewakili Indonesia di ajang Free Fire Clash Squad SEA Cup (FFCS) yang akan diadakan pada 7-16 Juli 2023.

Dikutip dari keterangan resmi, Kamis, keempat tim itu nantinya akan dipilih melalui babak kualifikasi yang akan diadakan melalui turnamen Free Fire Summer Clash (FFSC) yang akan diikuti oleh 15 tim profesional jebolan Free Fire Master League (FFML) Season 7.

Keempat tim dari Indonesia yang berhak melaju ke FFCS SEA Cup nantinya akan bertemu dengan 12 tim lainnya dari Thailand, Vietnam, dan MCPS.

Turnamen kualifikasi ini akan diadakan selama dua akhir pekan, mulai 15 Juni 2023 hingga 25 Juni 2023.

Pekan pertama merupakan babak penyisihan dengan format best-of-3 dalam sistem grup dengan Single Elimination. Empat tim yang teratas yang maju ke bracket terakhir di babak Semifinal dan Grand Final akan bertarung di pekan kedua untuk memperebutkan gelar juara.

Meski hanya ada satu juara, keempat tim yang berhasil masuk ke bracket terakhir seluruhnya akan menjadi wakil Indonesia di FFCS SEA Cup.

Sementara itu, FFCS SEA Cup hadir sebagai kompetisi internasional pertama Free Fire untuk mode Clash Squad. Sebanyak 16 tim Free Fire dari Indonesia, Thailand, Vietnam, dan MCPS, akan bertarung untuk memperebutkan total prize pool 50 ribu dolar AS dan gelar juara FFCS SEA Cup edisi perdana.

FFCS SEA Cup akan menghadirkan total 6 matchday sepanjang Jumat, Sabtu, dan Minggu, pada 7-9 Juli 2023 dan 14-16 Juli 2023.

Pada pekan pertama turnamen akan menggunakan sistem Single Elimination, sedangkan pekan kedua menggunakan sistem Double Elimination.

Sebelum turnamen dimulai, semua tim akan mengikuti proses drawing untuk menentukan posisi mereka di dalam bracket.

Pertandingan pekan pertama akan digelar dengan format best-of-3 untuk memperebutkan 4 slot Final Qualifier. Di babak ini, tim yang lolos akan memperebutkan dua tiket menuju Grand Finals melalui format pertandingan best-of-5 dengan sistem Double Elimination.

Adapun laga Grand Finals untuk memperebutkan gelar juara FFCS SEA Cup pertama akan digelar pada 16 Juli 2023.


Baca juga: Tim Indonesia tampil maksimal di Free Fire SEA Invitational 2023
Baca juga: Free Fire kolaborasi dengan "Spider-Man: Across the Spider-Verse"
Baca juga: Empat tim Indonesia siap putus dominasi Thailand di Grand Finals FFSI

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023