Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari menilai posisi Erick Thohir sebagai Ketua Umum (Ketum) PSSI dapat menguntungkan PSSI dan sepak bola Indonesia secara keseluruhan.
 
"Dengan Erick menjadi Ketua Umum PSSI, akan menguntungkan PSSI dan sepak bola Indonesia," kata Okto, sapaan akrab Raja Sapta Oktohari, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.
 
Ia lalu mencontohkan salah satu keuntungan yang diperoleh PSSI itu adalah federasi sepak bola Tanah Air tersebut dapat lebih dikenal di tingkat internasional karena ketokohan Erick yang telah teruji di tingkat internasional.

 Menurut dia, kesediaan Timnas Argentina hadir dalam FIFA Match Day melawan Timnas Indonesia tidak terlepas dari Erick yang telah dikenal baik oleh Presiden FIFA Gianni Infantino.
 
"Brand Erick di dunia internasional jauh lebih tinggi dibandingkan PSSI. Saya tau persis Gianni Infantino lebih mengenal Erick ketimbang PSSI. Mustahil, Gianni Infantino dan Timnas Argentina hadir tanpa pengaruh Erick. Itu membuktikan prestasi dan ketokohan Erick di dunia internasional sudah teruji," kata dia.
 
Okto juga menilai hadirnya Erick di PSSI merupakan bukti nyata bahwa dia bersedia turun gunung demi membenahi sepak bola di Indonesia.
 
Berikutnya, dia meyakini Erick dapat membenahi dunia sepak bola Tanah Air selama menjadi Ketum PSSI secara optimal. Saat ini, lanjut Okto, pembenahan sepak bola sudah dilakukan Erick Langkah awal yang dia lakukan adalah melakukan pembenahan wasit.
 
Okto menilai langkah pembenahan itu akan dilanjutkan oleh Erick secara menyeluruh terhadap berbagai aspek di bidang sepak bola Indonesia.
 
"Dengan pembenahan sepak bola yang menyeluruh ini akan menghasilkan prestasi cemerlang. Tanpa adanya pembenahan yang menyeluruh, mustahil sepak bola Indonesia menjadi lebih baik. Dengan rekam jejak yang positif selama ini, saya percaya Erick memiliki kemampuan untuk melakukan pembenahan total tersebut dapat dijalankan," ujar dia.
 
Sampai saat ini, Okto mengaku belum melihat ada tokoh olahraga dari Indonesia yang memiliki rekam jejak terbaik, seperti Erick Thohir. Ia melihat banyak rekam jejak Erick yang positif di dunia olahraga yang dapat dijadikan contoh bagi masyarakat Indonesia.
 
“Erick banyak memberikan bukti nyata prestasinya, baik itu di dunia olahraga maupun di BUMN. Prestasi itu patut dibanggakan," ucap dia.


Baca juga: Erick Thohir umumkan pemegang hak siar timnas Indonesia
Baca juga: PSSI harap klub segera lepas pemain untuk perkuat timnas
Baca juga: Pengamat: Erick Thohir tunjukkan cara elegan bantu Palestina

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023