Phnom Penh (ANTARA) - Indonesia dipastikan tampil sebagai juara umum ASEAN Para Games 2023 yang berlangsung di Kamboja, sekaligus memastikan "hattrick" juara umum di ajang tersebut setelah sebelumnya diraih di Malaysia pada 2017 dan tahun lalu saat menjadi tuan rumah.

Hingga Kamis (8/6), kontingen Merah Putih sudah mendapatkan lebih dari 130 medali emas dan secara kalkulasi sudah tidak mungkin lagi dikejar pesaing terdekat, Thailand.

Ketua Umum National Paralympic Comittee (NPC) Indonesia Senny Marbun bersyukur atas pencapaian para atlet yang berjuang di Kamboja.
 
"Dengan izin Tuhan, Alhamdulillah Indonesia resmi menjadi juara umum ASEAN Para Games (APG) di Kamboja. Hasil ini untuk masyarakat Indonesia," kata Senny Marbun di Phnom Penh, Kamis.
 
Selain juara umum, lanjut Senny, ia pun bersyukur karena perolehan medali emas melebihi target yang ditetapkan pemerintah.

Baca juga: Indonesia pastikan hattrick juara umum di ASEAN Para Games 2023
 
Meski demikian, Indonesia masih berpeluang menambah sederet medali emas hingga hari terakhir penyelenggaraan ASEAN Para Games 2023.
 
"Terima kasih atas kerja keras atlet, pelatih, ofisial, dan semua pihak yang terlibat untuk membawa Indonesia juara umum," jelasnya.
 
Senny Marbun mengatakan NPC Indonesia akan terus bekerja keras agar dapat meraih prestasi serupa di ajang ASEAN Para Games 2025 yang akan digelar Thailand.
 
"Kami selalu berusaha mempertahankan gelar juara ini. Mudah-mudahan dengan kerja keras, kami bisa meraih prestasi lagi di Thailand," tegas Senny Marbun.

Baca juga: Libas Myanmar 5-1, tim Indonesia melaju ke final sepak bola CP
Baca juga: Para-atletik kumpulkan 41 emas di ASEAN Para Games 2023

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023