Sleman (ANTARA) - Sebanyak 1.196 calon haji berasal dari Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta telah diberangkatkan semua menuju Tanah Suci, Mekkah, Arab Saudi untuk menjalani ibadah haji pada 2023.

Pemberangkatan terakhir mereka dilepas secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Harda Kiswaya di Masjid Agung Sleman di Sleman, Kamis.

"Hari ini ada sebanyak 46 calon jamaah haji dari kloter 52 yang diberangkatkan pada siang ini. Dengan begitu, 1.196 jamaah haji tahun 2023 dari Kabupaten Sleman telah diberangkatkan ke Tanah Suci guna menjalankan rukun Islam yang ke lima," kata Harda Kiswaya.

Dia menyebut jumlah calon haji berasal dari Kabupaten Sleman ini meningkat dua kali lipat daripada tahun sebelumnya yang 549 orang.

"Diharapkan para jamaah calon haji dapat menjalankan ibadah di Tanah Suci dengan lancar, dan dapat kembali lagi ke Kabupaten Sleman dengan sehat dan selamat. Dan semoga dapat menjadi haji yang mabrur," katanya.

Ia mengatakan banyaknya calon haji berasal dari Kabupaten Sleman yang diberangkatkan pada tahun ini merupakan rezeki dari Allah SWT.

Sebab, kata dia, dengan banyak  haji kualitas keimanan umat Islam dapat meningkat, dan selanjutnya dapat berperan serta memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat di lingkungannya.

"Para jamaah haji ini nantinya harapannya dapat menyampaikan hal-hal yang positif kepada masyarakat, seperti kerukunan antarumat beragama, dan sebagainya," katanya.

Baca juga: Embarkasi Kertajati mulai terbang jamaah calon haji langsung ke Jeddah
Baca juga: PPIH: Calon haji Aceh meninggal dunia di Arab Saudi jadi dua orang
Baca juga: Calon haji Badung-Bali difasilitasi pemkab pesawat menuju embarkasi

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023