Aku kurangin gula karena kalau konsumsi gula terutama dari minuman manis itu kayak...
Jakarta (ANTARA) -
Selebritas Dian Sastrowardoyo melakukan sejumlah cara demi mencegah pengurangan kolagen secara cepat yang berperan pada munculnya kerutan pada kulit, salah satunya dengan mengurangi asupan gula harian.
 
"Aku kurangin gula karena kalau konsumsi gula terutama dari minuman manis itu kayak langsung pengurangan kolagen cepat, kerutan juga lebih cepat, bintik-bintik cepat keluar," kata dia dalam konferensi pers POND'S Age Miracle Lab di Jakarta, Kamis.

Bukan hanya kerutan, pemeran tokoh Cinta dalam "Ada Apa dengan Cinta" itu berupaya memperlambat munculnya bintik hitam pada kulit dengan mengurangi konsumsi makanan mengandung tepung dan produk susu.

Baca juga: Tips puasa ala Dian Sastro, pakai gawai untuk menunjang hidup sehat

Berbicara lebih lanjut upaya menjaga kesehatan kulit, Dian tak memungkiri pentingnya melakukan perawatan kulit rutin termasuk menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan serta jenis kulitnya setiap pagi dan malam.

Dia bahkan sudah memulai rutinitas merawat kulit sejak berusia 25 tahun karena menyadari fakta bahwa kulit seseorang akan kehilangan kolagen yang salah satunya berkontribusi pada munculnya kerutan sekitar satu persen setiap tahun sejak dia berusia 25 tahun.

"Kalau kita pakai skincare-nya rajin pakai retinol dan niacinamide berkurang tapi enggak secepat itu, kulit masih kenyal, bintik hitam enggak cepat muncul, kerutan enggak cepat muncul," tutur dia yang juga mengaku rutin meminum banyak air putih.

Kalau pun bintik hitam terlanjur muncul di salah satu bagian wajah, Dian mengatakan kerap menebalkan penggunaan serum mengandung retinol pada area itu.

"Di area bintik hitam aku tebelin penggunaan serumnya, jadi biasanya bekas jerawat, bekas luka hitam banget di bagian itu sampai dipijat-pijat sama serumnya sampai dua-tiga kali setiap hari," kata dia.
 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023