Mungkin bisa coba dua hingga tiga kali dulu dalam seminggu
Jakarta (ANTARA) - Pakar dermatologi dr Claudia Christin, MBBS, Ph.D menyarankan para pemilik kulit sensitif dan kering untuk memakai produk mengandung retinol secara bertahap guna mengetahui tingkat toleransi kulit terhadap salah satu kandungan aktif itu.

"Mungkin bisa coba dua hingga tiga kali dulu dalam seminggu, baru ditingkatkan frekuensi pemakaiannya sesuai petunjuk pemakaiannya," kata dia di Jakarta, Kamis.

Menurut Claudia, retinol yang merupakan turunan dari vitamin A diformulasikan untuk kulit yang tidak bisa menggunakan kandungan retinoic acid resep dokter, sehingga cenderung aman. Retinoic acid pada sebagian orang dapat berpotensi menyebabkan iritasi dan membuat kulit menjadi lebih kering serta kemerahan.

Baca juga: Jenis produk perawatan kulit yang membuat jerawat semakin parah

Retinol yang dikatakan sebagai the king of ingredients dalam dunia perawatan kulit, sambung dia, dapat berfungsi meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga terjaga elastisitasnya.

"Saat menjelang usia 25 tahun, produksi kolagen kita berkurang, minus satu persen setiap tahunnya. Jadi kita mau menggunakan kandungan yang bagus kolagen pada kulit supaya terjaga elastisitasnya," tutur Claudia.

Dia membolehkan bila seseorang ingin membatasi penggunaan retinol misalnya dua hingga tiga kali saja dalam sepekan. Pun dengan mereka yang ingin menggunakan retinol setiap hari, terutama bila kulitnya tak menunjukkan masalah seperti munculnya tanda iritasi.

Baca juga: Kiat perawatan kulit untuk pria saat hadapi cuaca panas

"Kalau kulitnya oke-oke saja, tidak ada tanda iritasi (retinol) boleh terus dipakai setiap hari untuk hasil optimal," kata dia.

Claudia mengatakan, berbeda dengan penggunaan retinol, seseorang disarankan melakukan perawatan kulit setiap hari sama halnya seperti makan, mandi. Menurut dia, perawatan kulit sebaiknya menjadi gaya hidup.

Dia menambahkan, sebelum memutuskan memilih produk perawatan kulit tertentu, sebaiknya seseorang mengenali jenis kulitnya. Ini agar produk yang nantinya dipakai dapat sesuai dengan kebutuhan kulitnya.

"Kenali dulu kulitnya, dan menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing. Kalau masih bingung bisa berkonsultasi langsung ke dokter jadi bisa diarahkan apa kandungan yang cocok," demikian kata dia.

Baca juga: Pemilik kulit kering dianjurkan pakai pelembap usai perawatan botox

Baca juga: Kiat menjaga kesehatan kulit di tengah cuaca panas Indonesia

Baca juga: Lima tips jaga kesehatan kulit menurut pakar

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023