Islamabad (ANTARA) - Ledakan yang terjadi di dalam masjid di provinsi utara Afghanistan menewaskan setidaknya 15 orang dan melukai lebih dari 50 lainnya pada Kamis.

Ledakan itu terjadi di satu masjid di Faizabad, ibu kota Provinsi Badakhshan, yang telah menjadi tempat berkumpulnya sejumlah pejabat Taliban untuk melakukan salat jenazah bagi wakil gubernur yang terbunuh akibat ledakan pada Rabu, demikian laporan tayangan berita lokal Tolo News.

Pejabat rumah sakit setempat memastikan jumlah korban tewas dan mengatakan bahwa korban tewas maupun luka sebagian besar telah dipindahkan ke fasilitas kesehatan.

Sebelumnya seorang pejabat Taliban setempat, Moazuddin Ahmadi, memastikan telah terjadi ledakan, namun mengatakan tidak mengetahui pasti terkait korban jiwa.

Wakil Gubernur Badakhshan Mawlawi Nisar Ahmad Ahmadi dan supirnya termasuk sebagai korban tewas dalam ledakan di Faizabad pada Selasa.

Belum ada kelompok yang mengakui bertanggung jawab atas serangan itu. Namun Daesh/ISIS telah menyerang sejumlah pemimpin Taliban dan beberapa ulama Afghan, serta telah mengaku bertanggung jawab atas beberapa serangan di Afghanistan, termasuk di sejumlah masjid.

Sumber: Anadolu

Baca juga: PBB potong bantuan kemanusiaan untuk Afghanistan menjadi Rp48 triliun

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2023