Dengan demikian, eksistensi NKRI bisa terancam
Jakarta (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) memberikan pemahaman mengenai wawasan kebangsaan kepada 120 pelajar SMA/SMK se-Jakarta Barat dalam kegiatan yang digelar Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) pemerintah kota setempat pada Kamis.

Komandan Koramil Grogol Petamburan, Kapten Inf Sriyanto menyebutkan, Indonesia terbangun dari 1.340 suku bangsa yang mendiami 17.504 pulau di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) seluas 1.922.570 kilometer (km2).

"Ada dua potensi yang dapat muncul berdasarkan pengelolaan kekayaan bangsa tersebut. Pertama, jika dikelola dengan baik, maka Indonesia bisa menjadi negara yang besar, damai, aman, adil, makmur dan disegani negara lain," ungkap dia.

Namun, lanjut dia, apabila tidak dikelola dengan baik dengan adanya sifat egoisme dan tanpa toleransi, sifat fanatisme kedaerahan berlebihan, lunturnya jiwa nasionalisme, maka berpotensi terjadi konflik horizontal di masyarakat.

"Dengan demikian, eksistensi NKRI bisa terancam," kata Sriyanto.

Baca juga: Ratusan pelajar SMA di Jakbar terima edukasi bahaya narkoba
Baca juga: Sudin Pendidikan Jakbar gelar Festival Patriot Anti Korupsi


Ia meminta para pelajar yang hadir untuk kembali melihat tugas dasar kewarganegaraan. "Sebagai upaya wujudkan cinta Tanah Air, kita punya basis konstitusi yang jelas terkait semangat bela negara," katanya.

Hal tersebut sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 27 Ayat 3 bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara. Selain itu, dalam Pasal 30 Ayat 1 disebutkan setiap warga negara berhak ikut serta dalam upaya pertahanan keamanan negara.

Ia kemudian memberi pemahaman praktis tentang bela negara bagi pelajar. "Apa bentuk bela negara bagi pelajar? Sederhana saja. Belajar dengan baik, tidak terlibat narkoba, tawuran antarpelajar dan sebagainya," katanya.

Implementasikan juga nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah, lingkungan sekitar, sekolah dan dalam lingkup pergaulan dengan teman-teman kalian. "Tanamkan dalam diri kalian budi pekerti yang luhur," katanya.

Dalam 40 tahun ke depan, Indonesia milik kalian Generasi Z. "Jadi siapkan diri kalian dengan baik untuk menyongsong Indonesia Emas. Dengan sikap dan perilaku yang dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," kata dia.
 

Pewarta: Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023