Jakarta (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan membuka pelayanan pembuatan paspor di pameran budaya dan kerajinan daerah di berbagai wilayah Indonesia untuk memudahkan permohonan.

"Adanya pelayanan paspor ini juga sebagai salah satu ajang promosi acara supaya menambah pengunjung," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan Felucia Sengky Ratna dalam gelar Gebyar Wisata Nusantara Expo ke-19 di Jakarta, Kamis.

Adapun cara pendaftarannya, yakni pengunjung langsung menuju pameran Direktorat Jenderal Imigrasi untuk melakukan pengurusan paspor.

Selain itu, bisa juga mengajukan permohonan melalui aplikasi M-Paspor terlebih dahulu. Namun dalam pameran ini, pihaknya hanya melayani permohonan paspor baru serta penggantian.

Adanya pelayanan ini diharapkan bisa menambah rasa nyaman pengunjung dengan sembari menikmati pameran budaya serta kerajinan daerah dari berbagai wilayah Indonesia yang meriah.

"Hal ini juga merupakan salah satu bentuk kontribusi Kantor Imigrasi Jakarta Selatan dalam mendukung pelestarian budaya daerah Indonesia,” katanya.

Baca juga: Imigrasi Jaksel awasi penampungan pengungsi di Pancoran dan Setiabudi
Baca juga: Imigrasi Jakarta Selatan tangkap 17 orang asing


Disebutkan tersedia kuota sebanyak 50 permohonan paspor setiap harinya yaitu paspor biasa, paspor elektronik dan paspor elektronik polikarbonat.

Salah satu pemohon bernama Radit menyampaikan antusiasmenya dengan merasakan kemudahan dalam pelayanan paspor yang bisa dilakukan dalam waktu dekat.

“Saat melihat informasi mengenai layanan ini melalui Instagram Kanim Jaksel, saya langsung mendaftar dan saat ini sudah selesai dilayani dengan baik serta tidak perlu mengantre," ujar Radit.

Pameran Gebyar Wisata Nusantara Expo ke-19 bertempat di Smesco Exhibition Hall, Jakarta Selatan (Jaksel). Untuk layanan paspor ini tersedia pada Kamis (8/6) hingga Minggu (11/6).

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023