Mantan Menteri Agama Tarmizi Taher wafat

Mantan Menteri Agama Tarmizi Taher wafat

Foto dokumentasi saat Menag (periode 1993-1998) Tarmizi Taher memberikan jawaban dalam Raker dengan Komisi IX DPR RI di gedung MPR/DPR di Jakarta, Senin 30 Januari 1996 malam. Tarmizi Taher wafat pada 12 Februari 2013 pukul 04.00 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta karena sakit dan akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata. (ANTARA/FOTO ARSIP/Aris Budiman)

Jakarta (ANTARA News) - Mantan Menteri Agama Tarmizi Taher wafat pada Selasa sekitar pukul 04.00 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangun Kusomo (RSCM) Jakarta, demikian siaran pers dari Kementerian Agama Jakarta.

Jenazahnya disemayamkan di rumah duka di Jalan Merbau No.1, Kompleks Angkatan Laut Pangkalan Jati, Jakarta Selatan, dan akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta, usai shalat zuhur hari ini.

Tarmizi lahir di Padang, Sumatera Barat, pada 7 Oktober 1936. Dia menikah dengan Hj.Djusma dan dikaruniai empat anak.

Setelah menyelesaikan pendidikan dokter di Universitas Airlangga Surabaya, dia meniti karier di TNI AL dan pensiun dengan pangkat Laksamana Muda.

Jabatan yang pernah diembannya di lingkungan militer termasuk sebagai Perwira Kesehatan di KRI Irian, Juru Bicara Fraksi ABRI di MPR, Kepala Dinas Pembinaan Mental TNI AL dan Kepala Pusat Pembinaan Mental ABRI.

Setelah berkarir di militer, lulusan Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI AL yang sempat mengenyam pendidikan kesehatan di Angkatan Laut AS itu ditugaskan ke Departemen Agama sebagai Sekretaris Jenderal selama lima tahun.

Dia diangkat menjadi Menteri Agama pada 1993 dan menjalankan tugas sebagai menteri sampai tahun 1998.

Selama menjabat Menteri Agama, Tarmizi merintis pengembangan Siskohat (sistem komputerisasi haji terpadu) dan pembentukan Dana Abadi Umat (DAU).

Dia pernah pula menjadi Duta Besar RI di Norwegia dan Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia. Dia juga pernah dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa di bidang dakwah oleh Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

(E001)

Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar