Dampak hujan disertai petir dan angin kencang antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, tanah longsor, dan lainnya
Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan lima kabupaten di Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hujan disertai petir dan angin kencang pada Jumat dan Sabtu (9-10/6), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Dampak hujan disertai petir dan angin kencang antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, tanah longsor, dan lainnya," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Carolina Meylita Sibarani di Balikpapan, Kamis.

Meski hanya lima kabupaten yang diprakirakan mengalami hujan disertai petir, namun masyarakat dan pihak terkait di kabupaten/kota lainnya diharapkan tetap waspada karena berpotensi hujan ringan hingga hujan sedang dalam dua hari mendatang (Jumat-Sabtu).

Lima kabupaten yang diprakirakan mengalami hujan disertai petir tersebut adalah Berau, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Penajam Paser Utara, dan Kabupaten Mahakam Ulu.

Rinciannya adalah hujan disertai petir di Kabupaten Berau diprakirakan terjadi pada Jumat sekitar pukul 20.00 dan 23.00 WITA di delapan kecamatan yakni Tanjung Redeb, Kelay, Maratua, Pulau Derawan, Gunung Tabur, Sambaliung, Segah, dan Teluk Bayur.

Baca juga: BMKG deteksi 22 titik panas baru di Kalimantan timur

Kemudian di Kabupaten Kutai Kartanegara, hujan disertai petir diprakirakan terjadi pada Jumat sekitar pukul 20.00 WITA hanya di Kecamatan Tenggarong Seberang. Sedangkan sejumlah kecamatan lainnya hujan ringan hingga Sabtu dini hari.

Di Kabupaten Penajam Paser Utara, hujan disertai petir diprakirakan terjadi pada Sabtu dini sekitar pukul 02.00 Wita hanya di Kecamatan Penajam, sedangkan semua kecamatan lainnya hujan ringan mulai Jumat pukul 23.00 hingga Sabtu dini hari.

Untuk Kabupaten Kutai Timur, hujan disertai petir pada Jumat sekitar pukul 20.00 WITA di tiga kecamatan yakni Kecamatan Kongbeng, Muara Wahau, dan Busang. Sedangkan sebagian besar kecamatan lainnya hujan ringan hingga Sabtu dini hari.

"Kabupaten Mahakam Ulu, hujan petir diprakirakan terjadi pada Jumat sekitar pukul 20.00 dan 23.00 WITA hanya di Kecamatan Long Bagun, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan hingga Sabtu dini hari," kata Carolina.

Baca juga: Cuaca Jakarta diprakirakan berawan pada Kamis malam
Baca juga: Hujan disertai petir berpeluang landa kota besar di sembilan provinsi


 

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023