selanjutnya dibina khususnya materi vokal suara
Banjarmasin (ANTARA) - Empat pemuda daerah Kalimantan Selatan terpilih bergabung dengan tim Paduan Suara Gita Bahana Nusantara 2023 yang akan tampil pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Istana Merdeka Jakarta pada Agustus 2023.

“Empat putra putri daerah tersebut selanjutnya dibina khususnya materi vokal suara agar seragam dengan perwakilan tiap provinsi se-Indonesia,” kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Raudati Hildayati di Banjarmasin, Kamis.

Perwakilan Kalsel tersebut diseleksi melalui audisi Gita Bahana Nusantara Kalsel 2023 yang diselenggarakan oleh Disdikbud Kalsel.

Raudati memaparkan empat putra putri daerah yang akan mewakili Kalsel tersebut berasal dari Kota Banjarmasin, Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Kabupaten Tabalong.

Sementara itu Kepala Seksi Kesenian Bidang Kebudayaan Disdikbud Kalsel D Sunjaya Adhiarso menyebutkan ada lima juri yang memberikan penilaian kepada 41 peserta se-Kalsel.

“Juri yang kita sediakan merupakan ahli dalam bidang tarik suara, mereka sudah pengalaman di tingkat nasional,” ucapnya.

Baca juga: Paduan suara Gita Bahana Nusantara awali rangkaian Upacara HUT RI
Baca juga: Nathania Karina, doktor musik yang jadi konduktor pertama GBN 2022


Pada tempat yang sama salah seorang juri yang berasal dari pemerintah pusat yakni Sudirman mengatakan empat peserta yang terpilih sudah memberikan penampilan terbaik.

“Secara umum sudah cukup baik untuk tampil saat HUT Kemerdekaan RI di Istana merdeka nanti, tetapi masih perlu dilatih agar lebih matang,” katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan pula peserta yang terpilih memiliki pembacaan notasi dan vokal suara yang bagus dan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Dia menyebutkan empat perwakilan Kalsel tersebut akan dikarantina oleh pemerintah setempat untuk pemantapan sebelum dilakukan karantina bersama dengan para perwakilan tiap provinsi pada Agustus mendatang.

Salah satu pemenang audisi Gita Bahana Nusantara 2023 dari Kabupaten Tabalong, Runius Yosua bersyukur terpilih mewakili daerahnya bergabung bersama paduan suara Gita Bahana Nusantara 2023.

“Saya melakukan berbagai persiapan untuk melatih suara agar dapat menampilkan yang terbaik mewakili Kalimantan Selatan,” ucap dia.

Baca juga: GBN 2022 dipimpin konduktor perempuan
Baca juga: Gita Bahana Nusantara akan kembali tampil di Istana Merdeka
Baca juga: Ayo ikut audisi Gita Bahana Nusantara

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023