Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara meminta pemerintah pusat melalui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI untuk mempercepat proses pembangunan stadion yang merupakan venue utama PON 2024 di Sumut.

"Kami ke sini memohon percepatan penyelesaian, ini perlu dukungan pemerintah pusat," ujar Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Arief S Trinugroho usai bertemu Menpora RI, di Jakarta, Kamis.

Arief mengatakan saat ini persiapan PON 2024 Sumut masih 'on the track'. Walau begitu akan terus dilakukan upaya percepatan persiapan PON 2024.

"Masih on the track, tetapi kita akan terus melakukan percepatan, jadi satu demi satu selesai, bila lebih cepat selesai kita bisa bergerak ke yang lain," kata Arief S Trinugroho.

Menpora Dito Ariotedjo menjelaskan terkait persiapan yang belum terpenuhi akan dicari solusinya untuk kelancaran PON 2024.

"Tantangan yang ada ini saya carikan solusi terbaiknya. Saya sudah catat yang kurang-kurangnya dan akan saya laporkan ke Bapak Presiden," ujar Dito.

Sementara itu, Ketua KONI Pusat Marciano Norman memastikan pemangku kebijakan terkait akan bekerja sama memaksimalkan persiapan.

"Dengan waktu yang tersedia kita akan optimalkan pembangunan venue, kesiapan penyelenggaraan. Kita akan memberikan informasi kepada cabor untuk mamaksimalkan atlet dan rektor," kata Marciano Norman.

Diketahui, PON 2024 akan diselenggarakan di Aceh dan Sumut. Saat ini persiapan tengah dilakukan termasuk venue-venue cabang olahraga yang dipertandingkan, namun untuk venue utama Sumut, stadion sepak bola masih dalam proses.

Baca juga: Bertemu Menpora, Penjabat Gubernur Aceh bahas PON Aceh-Sumut 2024
Baca juga: Menpora sebut persiapan PON 2024 sudah 70 persen

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023