Jakarta (ANTARA) - Tim Amerika Serikat masih memuncaki daftar peringkat sepak bola putri FIFA yang dirilis pada Jumat sore.

FIFA terakhir kali memperbarui daftar peringkat sepak bola putri hampir tiga bulan silam. Sejak saat itu, terdapat kurang dari 101 pertandingan internasional yang telah dimainkan dan sejumlah tim telah melakukan pertandingan-pertandingan pemanasan untuk Piala Dunia Putri Australia dan Selandia Baru 2023.

Selain itu kualifikasi zona Asia untuk Olimpiade 2024 juga telah berlangsung.

Pertandingan-pertandingan tersebut menimbulkan beberapa perubahan dalam susunan peringkat FIFA. Namun lima posisi teratas tidak berubah, yakni tetap dihuni AS (1), Jerman (2), Swedia (3), Inggris (4), dan Prancis (5).

Meski demikian terdapat sejumlah perubahan di bawah lima besar, yakni Spanyol (6) dan Kanada (7) bertukar tempat dengan Brazil (8) dan Belanda (9).

Baca juga: Timnas putri kalah 0-5 dari Lebanon pada kualifikasi Olimpiade 2024

Di bawah itu, terdapat pula tim-tim yang berhasil naik dalam daftar peringkat FIFA. Denmark (13, naik dua posisi), Nigeria (40, naik dua posisi), dan Filipina (46, naik tiga posisi) merupakan contoh tim-tim yang mampu sedikit naik pada daftar terkini.

Sementara itu, Iran (61, naik enam posisi), Lebanon (138, naik empat posisi), dan Pakistan (157, naik empat posisi) mampu mencatatkan lompatan signifikan.

Tim yang berhasil naik paling banyak adalah Bhutan (171, naik tujuh posisi) setelah meraih kemenangan beruntun atas Jordania (73, turun lima posisi) dan Timor Leste (156, turun tiga posisi).

Tim Indonesia menjadi tim yang posisinya merosot paling banyak dalam daftar peringkat terkini. Garuda Pertiwi turun enam posisi dan menghuni peringkat 105.

Baca juga: ASBWI gelar Kongres Biasa 2023 untuk sinkronisasikan program PSSI
Baca juga: FIFA apresiasi perkembangan sepak bola putri di Indonesia

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023