Bantuan tersebut penting agar beban warga yang tertimpa bencana tanah longsor itu menjadi ringan,"
Palembang (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan segera membantu korban tanah longsor di Desa Pelangkedinai Kelurahan Penjalang, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagaralam, Selasa dini hari.

"Bantuan tersebut penting agar beban warga yang tertimpa bencana tanah longsor itu menjadi ringan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Yulizar Dinoto ketika ditanya wartawan di Palembang, Selasa.

Tanah longsor di Desa Pelangkedinai Kelurahan Penjalang Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, Selasa dini hari menyebabkan dua orang tewas dan seorang hilang.

Menurut dia, pihaknya sudah bekoordinasi dengan Gubernur H Alex Noerdin untuk memberikan bantuan tersebut.

Selain itu pihaknya juga menurunkan tim untuk membantu para korban dan masyarakat di desa tersebut agar kejadian tersebut bisa ditanggulangi.

Ia mengatakan tanah longsor diakibatkan faktor alam karena hujan sering turun.

Selain itu daerah tersebut merupakan perbukitan sehingga jika cuaca kurang bersahabat bisa saja terjadi bencana seperti longsor.

"Oleh karena itu kami mengimbau masyarakat agar selalu berhati-hati terhadap bencana terutama saat musim hujan saat ini," katanya.

Menurut dia daerah perbukitan saat musim hujan rawan terjadi longsor sehingga warga harus waspada.

Ketika ditanya mengenai bantuan yang telah diserahkan kepada korban banjir di Kabupaten Empat Lawang, ia mengatakan, bantuan sudah disalurkan dengan total nilai sekitar Rp200 juta.

"Untuk bencana banjir di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan saat ini masih dalam tahap pendataan karena lokasinya jauh," katanya.
(U005/B015)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013