Longsor menutup seluruh ruas jalur Bandung arah ke Jakarta, serta sebagian jalur Jakarta menuju Bandung. Kendaraan terpaksa dialihkan ke kalur Padalarang - Purwakarta,"
Bandung (ANTARA News)  - Tol Cipularang terputus di KM 100 akibat tertimpa longsor dari atas tebing di sisi ruas jalan tol itu sehingga arus lalu lintas terpaksa dialihkan ke jalur Padalarang - Purwakarta, Selasa.

"Longsor menutup seluruh ruas jalur Bandung arah ke Jakarta, serta sebagian jalur Jakarta menuju Bandung. Kendaraan terpaksa dialihkan ke kalur Padalarang - Purwakarta," kata Briptu Soleh, petugas Polisi Jalan Raya (PJR) Tol Cipularang ketika dihubungi dari Bandung.

Kejadian longsor yang terjadi pada Selasa sore itu membuat arus lalu dari arah Bandung ke Jakarta terputus total. tiga lajur jalan di lokasi itu tertutup material tanah.

Akibatnya terjadi kemacetan di jalur B atau Bandung arah Jakarta yang terus memanjang ke arah Bandung. Koordinasi dilakukan cepat oleh PJR dan Petugas Jasa Marga Cipularang dengan melakukan pengalihan jalur.

"Arus lalu lintas dari arah Bandung dialihkan menggunakan jalur reguler Bandung - Purwakarta dengan mengeluarkan arus lalu lintas dari Pintu Tol Padalarang dan Cikamuning," kata Soleh .

Sementara itu arus lalu lintas dari arah Jakarta ke Bandung diarahkan keluar menggunakan Pintu Tol Sadang dan Jatiluhur untuk selanjutnya melintasi jalur jalan raya Purwakarta.

"Informasi terakhir, kendaraan kelas A atau kecil dari arah Jakarta ke Bandung masih bila lewat karena masih ada satu lajur yang tidak tertimbun longsor, namun untuk kendaraan berat dan besar dialihkan keluar dari tol Sadang dan Jatiluhur," kata petugas PJR itu.

Informasi dan papan pengumuman pengalihan jalur itu dipasang di pintu tol di Kota Bandung dan papan petunjuk arah juga dipasang di pintu Tol Cikamuning dan Padalarang.

Longsor di kawasan itu akibat hujan lebat di kawasan itu yang turun pada Selasa sore. Lokasi kejadian diapit oleh tebing di sisi kiri jalan dari arah Bandung.

Sementara itu upaya normalisasi jalur langsung dilakukan oleh Jasa Marga dengan mengerahkan alat berat dari Posko Jatiluhur dan dari Kantor Pusat Jasa Marga.

"Alat berat dari Posko Jatiluhur sudah dikerahkan ke lokasi," kata petugas PJR itu menambahkan.

(ANT)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013