Semoga kegiatan coastal clean up mendatang bisa diikuti secara antusias oleh masyarakat. Dan yang terpenting adalah menghidupkan budaya mencintai dan menjaga lingkungan
Dumai, Riau, (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Dumai, Provinsi Riau, mengajak masyarakat setempat berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih pantai dari polusi plastik dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Area Manager Communication, Relation & CSR KPI Unit Dumai Agustiawan, di Dumai, Jumat, menjelaskan kegiatan itu merupakan upaya mengajak masyarakat agar peduli terhadap kebersihan lingkungan.

Kegiatan itu, kata dia, akan dihadiri lebih kurang 300 peserta yang pelaksanaannya dipusatkan di Pantai Marina, Kelurahan Teluk Makmur, Kecamatan Medang Kampai, Dumai pada Sabtu (10/6), bekerja sama dengan PT Pertamina Hulu Rokan Wilayah Kerja (WK) Rokan.

"Harapan kami kegiatan ini akan meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga pantai dan mengurangi polusi plastik. Kami mengangkat tema Beat Plastic Pollution di kegiatan ini, dan diharapkan dapat mengedukasi masyarakat tentang dampak negatif penggunaan plastik secara berlebihan terhadap lingkungan," katanya.

Kegiatan serupa, lanjutnya, juga akan dilaksanakan secara serentak di 47 titik di seluruh Indonesia. Rencananya, kegiatan akan dilakukan secara bersama-sama dengan Presiden Joko Widodo, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

Baca juga: Pertamina Dumai beri pelatihan pemanfaatan limbah sorgum

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), kata dia, timbulan sampah plastik di Indonesia merupakan kedua terbanyak dari total timbulan sampah berdasarkan komposisi, yaitu 18,05 persen.

Hal ini, lanjutnya, perlu perhatian khusus karena sampah plastik tidak mudah terurai dan mengganggu kelestarian lingkungan.

“Semoga kegiatan coastal clean up mendatang bisa diikuti secara antusias oleh masyarakat. Dan yang terpenting adalah menghidupkan budaya mencintai dan menjaga lingkungan,” tuturnya.

Selain di Pantai Marina Kota Dumai, PT KPI Unit Dumai juga akan menyelenggarakan kegiatan serupa di lokasi sekitar Pelabuhan Roro Sei Pakning dan Outlet Separator Kabupaten Bengkalis. Dua titik kegiatan ini juga merupakan bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dilaksanakan serentak se-Indonesia.

Baca juga: Pertamina tunjukkan komitmen energi ramah lingkungan saat KTT G20
 
 

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023