Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengalokasikan anggaran Rp100 miliar untuk menyukseskan Pekan Nasional (Penas) Tani Nelayan XVI di daerah itu pada 10-15 Juni 2023.

"Kita sangat serius untuk menyukseskan kegiatan ini, salah satunya dengan mengalokasikan anggaran Rp100 miliar yang tersebar di sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Pemprov Sumbar," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi di Padang, Jumat (9/6).

Dengan jumlah anggaran itu, kata dia, waktu persiapan yang sesungguhnya cukup pendek bisa dioptimalkan pemanfaatan kesempatan yang ada sehingga hasilnya tertata rapi area kegiatan seluas 16 hektare di Lapangan Udara Sutan Sjahrir Kota Padang tersebut.

Untuk memastikan persiapan kegiatan yang rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan dua kali peninjauan arena Penas Tani Nelayan XVI di daerah tersebut.

Pada peninjauan terakhir, Jumat (9/6), Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terlihat merasa puas dengan segala persiapan yang telah dilakukan pihak panitia, baik pusat maupun daerah setempat.

Baca juga: Penas Tani Nelayan XVI ajang petani milenial tingkatkan wawasan

Menteri Syahrul yang pernah menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan selama dua periode itu, meminta pihak panitia melakukan pengecekan terhadap beberapa perlengkapan, seperti videotron, untuk memastikan telah siap digunakan dengan mantap pada pembukaan acara tersebut pada Sabtu (10/6).

Selain mencek kesiapan panggung utama, Gubernur Mahyeldi bersama Menteri Syahrul juga meninjau sejumlah stan yang akan menampilkan sejumlah pameran pada rangkaian acara tersebut.

Berbeda dengan pelaksanaan Penas Tani Nelayan sebelumnya, kegiatan serupa pada tahun ini memberikan ruang yang lebih luas kepada petani milenial.

Penas Tani Nelayan XVI di Sumbar diharapkan menjadi ajang bagi para petani milenial meningkatkan wawasan dan jaringan untuk mengembangkan usaha masing-masing. Jaringan yang luas membantu pengembangan usaha mereka, termasuk petani milenial.

Baca juga: Gubernur Sumbar: KTNA punya peran strategis majukan pertanian
Baca juga: Presiden dijadwalkan lepas benih varietas padi gogo pada Penas Tani
Baca juga: Peserta dari 21 provinsi konfirmasi hadiri Penas Tani XVI di Sumbar

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023