Jakarta (ANTARA) - Lima berita di kanal Metropolitan Antaranews.com menjadi perhatian di DKI Jakarta dalam sepekan terakhir, yakni kerja sama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengolah sampah untuk menurunkan polusi udara hingga uji coba TransJakarta rute Jakarta-Bogor.

Adapun rangkumannya disajikan kembali sebagai referensi pembaca di pagi hari, sebagai berikut:

Pemprov DKI dan PLN kerja sama olah sampah jadi bahan bakar PLTU

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan PT PLN (Persero) untuk mempercepat pemanfaatan energi baru terbarukan (new renewable energy), yakni mengelola sampah menjadi Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP) sebagai bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

"Semoga kerja sama dengan PLN ini, secara perlahan dapat membantu mengatasi permasalahan lingkungan melalui RDF," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis.
Baca selengkapnya

Pemprov DKI diminta kurangi sepeda motor demi menurunkan polusi

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) meminta Pemprov DKI harus berupa mengurangi penggunaan sepeda motor demi mengurangi polusi udara di Ibu Kota.

"Salah satu kontributor utama atas buruknya kualitas di DKI Jakarta memang polusi akibat kendaraan bermotor," kata anggota Komisi D DPRD, Justin Adrian, saat dihubungi di Jakarta, Selasa.
Baca selengkapnya

Luhut minta LSM di Indonesia diaudit

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang ada di Indonesia diaudit.

"Ya, saya akan minta LSM-LSM itu diaudit ke depannya," kata Luhut usai mengikuti sidang sebagai saksi di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Kamis.

Luhut sebagai saksi dalam kasus dugaan pencemaran nama baiknya dengan terdakwa Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti.
Baca selengkapnya
​​​​​​​
Marketing Director JiExpo Kemayoran Ralph Scheunemann dan General Manager PT JiExpo Oki Setiawan pada konferensi pers di Jakarta, Rabu (7/6/2023) (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)
Jakarta Fair berlangsung 14 Juni-16 Juli 2023

Pameran terlama dan terbesar di kawasan Asia Tenggara, Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) digelar selama 33 hari pada 14 Juni-16 Juli 2023 di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jakarta Pusat.

Marketing Director JiExpo Kemayoran, Ralph Scheunemann mengatakan, Jakarta Fair Kemayoran tahun ini diikuti oleh 2.500 perusahaan peserta yang terdiri dari 1.500 stan dengan berbagai produk unggulan dengan pemberian potongan harga atau diskon.
Baca selengkapnya
​​​​​​​
TransJakarta targetkan uji coba rute Jakarta-Bogor Juli 2023

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menargetkan uji coba penyambungan rute TransJakarta dan Transpakuan dari Bogor menuju Cibubur, Jakarta Timur mulai Juli 2023.

"Mungkin dalam waktu dekat ini, target Juli, akan langsung uji coba (penyambungan rute TransJakarta-Transpakuan). Nanti akan dilihat responnya seperti apa," kata Direktur Utama PT TransJakarta Welfizon Yuza di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu.
Baca selengkapnya

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023